News

Google Umumkan Nominasi Google Play Award 2016

Google Play Awards Nominee
[Gambar: Google Play]

Google Play merupakan rumah dari kurang lebih dua juta aplikasi Android yang dapat diakses di hampir seluruh belahan dunia. Maka sungguh tak aneh jika pengguna Google Play kini telah menembus angka 1 milyar pengguna yang tersebar di 190 negara. Melihat pertumbuhan yang begitu pesat, Google mengadakan sebuah ajang penghargaan yang bertajuk Google Play Award 2016 sebagai bentuk apresiasi kepada para pengembang aplikasi yang memainkan peranan kunci dalam kesuksesan Google Play.

Ajang penghargaan yang pertama kalinya diadakan ini mendatangkan sebuah panel ahli dari tim Google Play yang akan menentukan aplikasi manakah yang pantas menyandang predikat sebagai pemenang. Kriteria penilaiannya sendiri mengutamakan kualitas aplikasi, pengalaman pengguna (user experience) terbaik, tampilan ciamik, inovasi pada aplikasi, dan popularitas yang dimiliki.

Dalam ajang penghargaan ini, terdapat sepuluh kategori penghargaan dengan lima nominasi di setiap kategorinya. Berikut ini daftar lengkap kategori penghargaan beserta aplikasi yang berhasil memasuki jajaran nominasi.

Kategori pertama ialah Standout Startup. Penghargaan diberikan pada developer baru yang mengalami peningkatan dan menuai popularitas yang signifikan. Nominasinya adalah Dubsmash, Hopper, Musical.ly, Robinhood, dan Vrse.

Hampir serupa dengan kategori sebelumnya, namun kategori Standout Indie ini lebih fokus pada aplikasi game dengan desain yang artistik dan gameplay yang inovatif. Yang termasuk ke dalam nominasi ini adalah Alphabear, Alto’s Adventure, Fast like a Fox, Neko Atsume: Kitty Collector, dan Prune.

Selanjutnya adalah Best Families App, yang ditujukan bagi aplikasi-aplikasi yang mendorong kreativitas anak. Yang termasuk ke dalam kategori ini di antaranya: Card Wars–Adventure Time, LEGO Jurassic World, My Very Hungry Caterpillar, Thinkrolls2, dan Toca Nature.

Dalam segi desain, terdapat kategori penghargaan Best Use of Material Design award, yang akan diperebutkan oleh Bring!, Robinhood, The Fabulous, Todoist, dan Vevo.

Penghargaan Best Use of Google Play Game Services diberikan kepada game yang bisa memanfaatkan GPGS secara baik dan maksimal, seperti Sea Battle 2, Table Tennis Touch, Tapventures, Tower Madness 2, dan Zombie Highway 2.

Kategori selanjutnya adalah penghargaan kepada Early Adopter, yaitu aplikasi yang dapat memanfaakan teknologi baru dengan baik. Nominasinya adalah: Glide, Mechanic Escape, Minecraft: Story Mode, World Around Me, dan Zumper.

Go Global merupakan kategori penghargaan yang diberikan pada aplikasi yang berhasil meraih popularitas tinggi di berbagai wilayah yang berbeda. Dragon Ball Z Dokkan Battle, Freeletics Bodyweight, Memrise, Musixmatch, dan Pokemon Shuffle Mobile merupakan aplikasi-aplikasi yang dinominasikan dalam kategori ini.

Seperti namanya, kategori Most Innovative diberikan pada aplikasi yang paling inovatif dan dapat memberikan sesuatu yang baru dalam bidangnya masing-masing. Aplikasi yang masuk ke dalam nominasinya adalah Fast like a Fox, NYT VR, SmartNews, The Fabulous, and This War of Mine.

Last but not least, kategori yang paling bergengsi: best app dan best games. Nominasi untuk aplikasi terbaik diperebutkan oleh BuzzFeed News, Colorfy, Houzz, TuneIn Radio, dan Yummly. Sementara itu di kategori permainan terbaik Alphabear, Clash of Kings, Clash Royale, MARVEL Future Fight, dan Star Wars: Galaxy of Heroes akan bersaing untuk mendapatkan gelar Best Game of the year.

Pemenang dari setiap kategori sendiri baru akan diumumkan dalam acara Google I/O pada tanggal 19 Mei mendatang.

Beberapa aplikasi dan game favorit saya seperti BuzzFeed News, TuneIn Radio, dan Clash Royale masuk juga ke dalam jajaran nominasi paling bergengsi. Aplikasi atau game apa yang anda jagokan? Apakah ada aplikasi atau game yang menurut anda seharusnya dinominasikan?

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID