Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Gunakan 4 Aplikasi Ini Untuk Temukan Restoran dan Kuliner Halal di Luar Negeri

[Foto: hellosehat.com]
Apakah Anda tengah menjalani bulan Ramadhan ini di negeri orang? Ini tentunya merupakan sebuah tantangan yang cukup berat, terutama jika Anda berada di negara dengan yang kaum Muslimnya minoritas. Hal-hal yang mudah ditemukan di Indonesia, seringkali menjadi sangat langka di luar negeri. Salah satu hal yang seringkali menjadi tantangan bagi seorang muslim saat berada di negara minoritas Islam adalah mencari makanan halal. Untungnya, ada banyak aplikasi-aplikasi yang bisa mempermudah Anda dalam hal ini. Dalam artikel ini, saya akan menampilkan 5 aplikasi mobile yang bisa Anda gunakan untuk mencari restoran-restoran halal.

Zabihah (Android, iOS, BlackBerry, Windows Phone)

Aplikasi ini berawal dari sebuah website bernama Zabihah.com yang telah berdiri sejak tahun 1998. Dengan database nya yang luas dan mencakup seluruh dunia, aplikasi ini bisa dibilang merupakan pionir direktori restoran halal. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu aplikasi Islami terbaik yang pernah ada. Jika Anda sedang berada di luar negeri, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mencari lokasi-lokasi di sekitar Anda yang menyajikan makanan dan minuman halal. Aplikasi ini akan membantu Anda menemukan restoran-restoran halal dalam radius 50 mil. Selain restoran halal, pada aplikasi ini Anda juga bisa mencari Masjid maupun pasar halal yang ada di sekitar Anda.


Have Halal, Will Travel (Android & iOS)

Have Halal, Will Travel (HHWT) adalah startup Singapura yang menyajikan informasi dan tool untuk membantu traveler Muslim untuk merancang rencana perjalanan mereka ke luar negeri. Dengan aplikasi travel yang ditujukan untuk kaum Muslim ini, pengguna dapat mencari restoran halal maupun masjid di Seoul, Tokyo, Osaka, Kyoto, Singapura, dan Hongkong. Tidak perlu khawatir dengan keabsahan rating atau informsi pada aplikasi tersebut karena semuanya dikumpulkan secara khusus oleh tim HHWT. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan panduan travel yang bisa membantu Anda untuk memutuskan tempat mana yang harus dituju.

Halal Gems (Android & iOS)

Ingin mendapatkan panduan makanan halal yang lebih mendalam lagi? Jangan mau ketinggalan dan cobalah aplikasi Halal Gems. Aplikasi dengan format majalah digital ini mengulas kuliner halal dan restoran halal terbaik di seluruh dunia. Mereka mengklaim seebagai “majalah digital interaktif pertama yang membahas kuliner halal.” Dengan konten yang lengkap dan ulasan yang menarik, Anda akan semakin up-to-date dengan perkembangan kuliner halal yang sedang hangat diperbincangkan.

Scan Halal (Android & iOS)

Bagi kaum Muslim yang tinggal atau tengah berada di negara dengan minoritas Islam, seringkali mereka kesulitan untuk mengetahui komposisi dari produk yang diamakan. Karena tidak adanya tanda halal pada kemasan, aktivitas yang sederhana seperti belanja di supermarket saja terasa sangat menantang. Untungnya, hadir aplikasi Scan Halal yang akan mempermudah penggunanya untuk mengetahui status halal atau tidaknya pada sebuah produk. Caranya, cukup unduh dan install aplikasi tersebut kemudian scan barcode produk yang dimaksud. Jika produk tersebut ada dalam database, maka Anda akan diinformasikan apakah produk tersebut aman untuk dikonsumsi, diragukan, atau harus dihindari.