Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Gunakan 5 Tips Ini Agar Media Penyimpanan Smartphone Android Anda Tak Cepat Penuh

[Foto: androidjoint.com]
Kapasitas media penyimpanan tak mencukupi adalah salah satu masalah yang umum dihadapi pengguna smartphone Android. Selain membuat ponsel menjadi lambat, kondisi ini juga membuat Anda tidak bisa memasang suatu aplikasi. Bahkan, untuk mengambil foto saja tidak bisa.

Nah agar terhindar dari kondisi tak menyenangkan tersebut, Anda bisa ikuti beberapa tips. Seperti dilansir dari laman sinyal, berikut ini adalah tips agar media penyimpanan smartphone Android tidak cepat penuh.

Perhatikan Ukuran File

Memasang aplikasi atau menyimpan file multimedia tanpa memerhatikan ukurannya adalah salah satu penyebab paling umum dari memori penuh. Umumnya, aplikasi yang memiliki beragam fitur dan kelebihan, memiliki ukuran file yang besar. Begitu pun dengan file multimedia, apalagi video.

Cobalah untuk memeriksa kembali ukuran file yang ada di smartphone Anda melalui File Manager atau File Explorer. Ada baiknya menghapus file yang tidak atau jarang digunakan, khususnya yang memiliki ukuran besar. Selain itu, perhatikan pula ukuran aplikasi yang akan dipasang ketika akan mengunduhnya dari Google Play.

Pilih Resolusi File Multimedia Lebih Rendah

Biasanya, pengguna smartphone suka menyimpan atau merekam file multimedia dengan kualitas terbaik. Padahal dibalik itu, ada konsekuensi terhadap media penyimpanan. Semakin tinggi kualitas file multimedia, semakin besar ukurannya.


Tidak ada salahnya jika Anda memilih kualitas yang lebih rendah. Jika foto atau video yang akan direkam sekiranya hanya akan dilihat melalui ponsel, memilih resolusi foto 5 MP atau 8 MP dan resolusi video 720p masih ‘aman’ untuk dinikmati. Selain itu, jika hanya mendengarkan lagu melalui ponsel atau dengan headphone kelas medium, file musik juga tidak harus menggunakan bitrate tertinggi.

Manfaatkan Media Penyimpanan Tambahan

Ketika membeli smartphone Android dengan kapasitas 16 GB, mungkin Anda akan merasa puas saja. Namun berhati-hatilah, karena bukan tidak mungkin suatu saat Anda akan kecewa. Sebab, lambat laun kapasitas tersebut akan berkurang seiring penggunaan.

Untungnya, kebanyakan smartphone Android dilengkapi dengan slot untuk menambah media penyimpanan tambahan berupa SD card. Apalagi kini harga SD card dengan ukuran besar semakin terjangkau. Biasakan untuk menyimpan file multimedia di SD Card. Jika memungkinkan, pasang juga aplikasi di SD Card.

Manfaatkan “cloud”

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan media penyimpanan dalam komputasi awan atau yang lebih dikenal dengan cloud. Selain media penyimpanan di ponsel bisa terjaga, Anda juga tidak perlu membeli SD card yang memiliki potensi untuk rusak. Apalagi beberapa aplikasi seperti WhatsApp juga sudah mengizinkan penggunanya untuk menyimpan backup di cloud.

Dropbox dan Google Drive merupakan beberapa pilihan layanan cloud. Anda bisa mengunduh aplikasi cloud tersebut, lalu transfer file-file yang ingin disimpan di cloud. Jika merasa cemas dengan kuota internet, Anda bisa melakukan proses transfer saat terkoneksi dengan WiFi.

Bersihkan File Sampah

Setiap aplikasi Android akan menyimpan file temporari saat digunakan. Sebenarnya,  hal ini bertujuan baik agar berikutnya Anda akan lebih mudah dan lebih cepat saat kembali menggunakan aplikasi tersebut. Namuns ayangnya, fitur ini juga memberi dampak buruk pada media penyimpanan. Karena file temporari tersebut semakin lama akan semakin bertambah banyak.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda rutin menghapus file-file tersebut. Caranya dengan masuk ke Settings>Apps, lalu tekan Clear cache dan Clear data. Lakukanlah pada tiap aplikasi yang memakan banyak penggunaan memori. Selain itu, ada pula aplikasi yang memiliki fitur menghapus Cache, seperti Clean Master atau CCleaner.

Nah, semoga tips di atas bisa membantu Anda untuk tetap menjaga memori smartphone Android agar tak cepat penuh.