Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Gunakan 6 Shortcut Keyboard Windows 7 Ini untuk Hemat Waktu Anda

[Foto: huffingtonpost.com]
Windows 7 merupakan salah satu versi Windows paling populer yang pernah ada dan masih banyak digunakan hingga saat ini. Hal ini cukup hebat, mengingat kini sudah ada versi Windows 10 yang lebih baru. Pada dasarnya, Windows 7 sebenarnya merupakan Windows Vista yang dipermak dan disuntikkan fitur-fitur tambahan lainnya. Salah satunya adalah pilihan shortcut keyboard yang semakin beragam. Windows 7 memiliki sejumlah shortcut keyboard baru yang bisa mempermudah pengguna untuk mengakses semua fitur pada PC dengan mudah. Namun, masih banyak pengguna yang tidak mengetahui apalagi menggunakan shortcut yang bisa menghemat waktu Anda. Bagi Anda yang menggunakan PC Windows 7, berikut ini beberapa keyboard shortcut yang sangat berguna untuk menyelesaikan pekerjaan Anda dengan cepat dan mudah.


  • Ctrl + Shift + N: Pada Windows Vista dan versi Windows sebelumnya, Anda harus klik kanan, klik New, kemudian klik New Folder atau klik pada tombol New Folder di toolbar Explorer untuk membuat Folder Baru. Pada Windows 7, Anda dapat menggunakan shortcut Ctrl + Shift + N untuk membuat Folder baru dengan cepat
  • Windows + Home: Gunakan shortcut keyboard ini saat Anda membuka banyak program dan layar, kemudian ingin meminimize semuanya dengan cepat kecuali jendela yang sedang aktif. Untuk mengembalikan semua program / layar tersebut, tekan Windows + Home lagi.
  • Windows + D: Hotkey Windows + D hotkey sangat berguna ketika Anda ingin melihat apa yang ada di desktop atau ingin segera kembali ke desktop dari jendela aplikasi. Pintasan keyboard ini sangat mirip dengan Windows + Home namun hotkey Windows + D akan meminimize semua layar.
  • Windows + B: Shortcut ini memungkinkan Anda untuk cepat membuka area system tray pada taskbar tanpa menggerakkan tetikus sama sekali. Cukup tekan hotkey Windows + B, kemudian gunakan tombol panah untuk mengakses ikon program yang ada pada tray. Saya biasanya menggunakan hotkey ini untuk mengakses system tray dan memilih opsi Safely Removed Hardware pada USB yang terhubung pada PC.
  • Ctrl + Shift + Enter: Pada Windows 7, terkadang Anda harus memiliki akses admin untuk bisa menjalankan program tertentu. Jika melakukannya dengan tetikus, kita perlu menavigasi ke menu Start, klik kanan pada program yang ingin kita jalankan sebagai admin lalu klik opsi Run as administrator. Untuk membuka program sebagai admin dengan menggunakan shortcut keyboard, cukup ketik nama program di kotak pencarian pada menu Start, lalu langsung tekan Ctrl + Shift + Enter untuk menjalankan program sebagai admin. Contohnya, ketik Command Prompt di kotak pencarian menu Start, kemudian tekan Ctrl + Shift + Enter keys untuk membuka Command Prompt sebagai admin.
  • Windows + panah bawah: Saat menggunakan beberapa program, kita mungkin perlu meminimize program yang tidak akan kita gunakan untuk sementara waktu. Alih-alih mengklik tombol minimize, cukup tekan tombol panah Windows + Down untuk meminimalkan jendela aktif. Harap dicatat bahwa jika program yang berjalan di layar yang sudah dimaximize, Anda mungkin perlu menekan panah Windows + Panah dua kali. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan panah Windows + Up untuk memaximize jendela program yang aktif.

Apakah ada shortcut keyboard pada PC Windows 7 lain yang biasa Anda gunakan?