Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Gunakan Tips Ini Saat Anda Lupa Password Smartphone Android

[Foto: zeenews.india.com]
Menjaga privasi merupakan satu alasan kuat mengapa orang menyematkan password dalam smartphone-nya. Namun tak jarang, banyak pengguna yang lupa akan password yang mereka buat sendiri. Sehingga hal ini menyebabkan mereka tidak bisa mengaksesnya.

Lantas, bagaimana jika hal tersebut terjadi pada Anda? Pertama, jangan panik. Lalu, gunakanlah langkah-langkah berikut ini untuk memulihkan keadaan. Sebagai catatan, cara ini hanya bisa digunakan di ponsel Android.

1. Memanfaatkan bug

Langkah pertama ini hanya bisa digunakan di sistem operasi Android 5.0. Caranya adalah dengan memanfaatkan bug. Pada layar ponsel Android yang terkunci, tekan pilihan Emergency Call. Kemudian, gunakan layar Dialer dan masukkan tanda bintang (*) hingga 10 kali. Select All semua tanda bintang tersebut, lalu Copy.

Setelah itu, Paste di tempat yang sama hingga karakter habis dan Copy seluruh tanda bintang tersebut. Selanjutnya, Anda kembali ke layar kunci dan buka shortcut Camera. Jika sudah di sini, buka notifikasi tadi dan tekan ikon Setting.

Di situ, Anda akan diminta untuk memasukkan password. Pada kolom password, Anda harus Paste. Ulangi proses ini beberapa kali hingga layar kunci Anda mengalami crash dan membuat Anda bisa mengakses seluruh user-interface smartphone Android Anda.

2. Layanan keamanan Android Device Manager


Layanan keamanan Android Device Manager ini bisa digunakan di sistem operasi Android 5.0 (Lollipop) ke atas. Cara penggunaannya pun cukup mudah, karena sinkron dengan akun Gmail Anda.

Pertama, bukalah akun Gmail Anda di perangkat laptop. Kemudian, buka Google search lalu ketik “Where’s My Phone” di kolom pencarian. Setelah itu, akan muncul “Find your phone – My Account – Google” di kolom paling atas. Klik tautan tersebut dan perangkat Anda akan muncul di layar. Klik perangkat Anda.

Google akan meminta password akun Gmail Anda. Ada pilihan Ring (deringkan), Lock (kunci perangkat), dan Erase (hapus). Bagi Anda yang lupa password, cukup pilih opsi Lock, lakukan refresh jika Android Device Manager kesulitan menemukan perangkat Anda.

Setelah memilih opsi Lock, Anda akan diminta memasukkan password baru yang akan menggantikan pola keamanan, PIN, atau password lama. Setelah itu, Anda diminta untuk memasukkan password baru sebanyak dua kali untuk mengonfirmasi pilihan tersebut. Tunggu lima menit, ponsel pintar Anda bisa dibuka dengan sandi baru.

3. Gunakan Samsung Find My Mobile

Pengoperasian fitur ini sama seperti cara nomor 2. Namun, hanya bisa digunakan di perangkat Samsung dan jika Anda pernah membuat akun Samsung. Caranya adalah masuk ke Android Device Manager dengan cara nomor 2. Jika Anda memiliki akun Samsung, akan ada opsi Lock My Screen di sebelah kiri. Lalu, masukkan PIN baru dan pencet tombol Lock. Dari situ, Anda bisa membuka ponsel Samsung Anda.

4. Lakukan panggilan telepon dari smartphone lain

Anda bisa melakukan panggilan telepon dari smartphone lain ke smartphone Android Anda yang bermasalah. Selanjutnya, jawablah panggilan telepon itu dan jangan sampai ditutup. Lalu, tekan tombol ‘Home’ dan masuk ke menu ‘Setting’. Kemudian, aktifkan internet supaya bisa memasukkan password email dan bisa ‘Sign in’ kembali.

Jika ingin membuat password yang baru, Anda bisa membuat password berupa pola kunci atau angka di menu `Setting`.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan saat Anda lupa password Android Anda. Selamat mencoba!