Home  »  News   »  
News

Hal-hal Keren yang Bisa Dilakukan Alexa, Asisten Pribadi di Amazon Echo Speaker

[Foto: Flickr.com/Stratageme.com]
Dua startup “penyedia” layanan asisten pribadi HaloDiana dan YessBoss mungkin telah gugur dalam pertarungan digital di Indonesia, namun kini Amazon menawarkan satu perangkat yang menawarkan “jasa” asisten digital dengan cara yang hampir sama. Bedanya, asisten pribadi ala Amazon ini tak memerlukan SMS untuk mengerjakan perintah; Anda hanya perlu memberi perintah verbal saja, sama seperti berbicara kepada asisten manusia. Pertanyaannya, akankah perangkat tersebut mampu mencuri perhatian masyarakat Indonesia yang kini mulai mengandalkan teknologi untuk menjalani keseharian?

Asisten pribadi yang disebut “Alexa” tersebut ditawarkan oleh perangkat speaker Bluetooth Amazon Echo, yang akan menjalankan berbagai tugas yang Anda perintahkan dan mengambil-alih kontrol dari berbagai sistem untuk meringankan tugas Anda.

Echo memiliki tujuh mikrofon yang dilengkapi fitur anti-bising dan pengenalan suara jarak jauh, yang memungkinkan penggunanya untuk memberi perintah kepada Alexa dari arah manapun dan dalam keadaan apapun. Jadi, walaupun pengguna sedang mendengar musik, Alexa tetap akan mendengar apa yang diperintahkan kepadanya.

Fitur asisten pribadi di Amazon Echo akan merespon terhadap kata panggil “Alexa”. Jika Anda memiliki beberpa speaker Echo di rumah, Alexa akan merespon dari perangkat yang paling dekat dengan Anda. Alexa akan selalu memenuhi perintah Anda, namun Anda pun bisa mematikan mikrofonnya dengan menekan tombol di bagian atas speaker agar interaksi dengan Alexa tak terdengar orang lain.

Lalu hal apa saja yang bisa dilakukan Alexa? Seperti dilansir dari Pocket-lint, Selasa, 27 Desember 2016, asisten pribadi digital ini bisa memutar musik, mencari dan memberi informasi, berita, dan bahkan skor pertandingan klub kesayangan Anda. Alexa juga bisa menginformasikan cuaca, mengontrol smartphone, dan bahkan memungkinkan pengguna anggota Prime untuk membeli barang yang sebelumnya pernah dibeli.


Alexa juga merupakan fitur yang berkembang dan terus belajar, setiap waktu. Jadi makin lama Anda menggunakan Amazon Echo, maka Alexa akan makin cerdas dan makin bisa beradaptasi dengan pola bicara, kosa kata, dan preferensi personal Anda.

Anda bisa memerinkahkan banyak hal kepada Alexa. Sebuah fitur yang disebut Skills di aplikasi Alexa akan memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan speaker Echo dengan preferensi Anda. Ada banyak kategori di dalam Skills pada aplikasi yang akan memenuhi kebutuhan Anda, seperti Stay Informed, Go Places, Make Your Home Smarter, dan Be Entertained. Untuk mulai menggunakannya, Anda bisa menyentuh tanda “Enable Skill” ketika menemukan fitur yang sesuai dengan kebutuhan.

Agar bisa digunakan, beberapa fitur mengharuskan Anda untuk menghubungkannya dengan akun yang telah ada atau membuat akun baru yang terpisah. Sebagai contoh, jika Anda ingin memesan mobil Uber dengan Alexa, maka Anda harus login ke dalam akun Uber Anda pada bagian Skills di aplikasi Alexa.

Seperti layaknya asisten pribadi, Anda bisa meminta Alexa untuk membangunkan Anda di pagi hari, memesankan tiket pesawat di situs web tertentu, meminta berita terbaru dari situs berita tertentu, menyuruh memutarkan salah satu lagu Taylor Swift, memutarkan lagu-lagu dalam playlist Anda, membaca audiobook, memesan makanan, mengatur setelan suhu AC, memesan Uber, meminta resep dari Jamie Oliver, dan masih banyak lagi.

Menurut review, voice control yang ditawarkan Amazon Echo sangat bisa diandalkan, dan adanya fitur Alexa mampu memenangkan speaker Bluetooth ini dari para pesaingnya. Mereka yang telah menggunakannya mengakui bahwa Alexa sangat impresif dalam melakukan berbagai perintah, seperti memilah dan memutarkan musik, membantu membuat shopping list hingga barang terbeli, mengatur pemanas atau pendingin udara, dan mengatur aplikasi-aplikasi lainnya untuk beroperasi.

Namun sayangnya, kualitas Bluetooth speaker-nya tak bisa dibilang yang terbaik. Selain itu, Amazon Echo tak dilengkapi baterai, sehingga pengguna harus selalu menyambungkan kabelnya dengan stop kontak.

Beberapa aplikasi dan layanan yang telah terhubung dengan Alexa di antaranya: Uber, Just Eat, National Rail, The Guardian, The Telegraph, Sky Sports, Jamie Oliver,  Fitbit, Skyscanner, TuneIn, RadioPlayer, Spotify, Laundrapp, BMW, Tado, Netatmo, Hive, Neato, Philips Hue, EDF Energy, TP Link, WeMo, Honeywell, SmartThings, Nest, Sonos, dan The Grand Tour.