Home  »  News   »  
News

Harga Resmi iPhone 7 di Indonesia dan Perbandingannya

[Foto: apple.com]
Harga resmi iPhone 7 dan iPhone 7 Plus di Indonesia akhirnya dirilis. Tidak dipungkiri lagi seri terbaru produk Apple ini memang banyak dinantikan di Indonesia, walaupun harganya tergolong mahal. Secara umum, harga satu ponsel ini setara dengan harga sepeda motor matic baru di Indonesia. Mulai dari iPhone 7 yang paling murah dari Rp 13,2 juta hingga iPhone 7 Plus yang paling mahal, Rp 17,2 juta.

Beberapa situs e-commerce di Indonesia juga saya lihat sudah menjual iPhone 7. Harganya cukup bersaing. Di Blibli.com misalnya, ada yang menjual iPhone 7 32GB warna Rose Gold seharga Rp 8,3 juta. Di Lazada, ada yang menjual iPhone 7 256GB (Jet Black) seharga Rp 11,2 juta. Keduanya ini harganya tergolong murah, bahkan lebih murah dari harga resmi di Online Apple Store Singapura. Tapi perlu diingat, kedua produk yang saya lihat di e-commerce ini dijual oleh “toko handphone” biasa. Jadi bukan resmi langsung dari Blibli ataupun Lazada, melainkan oleh toko yang berjualan di kedua platfrom e-commerce tersebut. Jadi saya kurang tahu bagaimana jaminan kualitas dan garansinya.


Lalu bagaimana dengan Apple iPhone 7 yang resmi? Nah, kali ini Apple sudah bekerjasama dengan Smartfren di Indonesia. Smartfren menjual iPhone 7 dengan dua pilihan paket: Smartfren iPlan 350 dan Smartfren iPlan 485. Dengan paket dari Smartfren ini, Anda wajib berlangganan paket data internet dari Smartfren selama setahun. Jadi biaya perbulan Anda sudah dipaketkan dengan harga iPhone ini.

Untuk yang memilih paket iPlan 350, berarti Anda sudah mendapatkan paket data senilai Rp 350ribu per bulannya. Sebaliknya, yang memilih paket iPlan 485 akan mendapatkan paket internet senilai Rp 485 ribu tiap bulannya selama setahun.

Secara umum begini perbandingannya:

[Data: Labana.ID, S$ 1 = Rp 9.515]
Dengan melihat perbandingan di atas, sekilas akan terlihat harga iPhone 7 dari Smartfren jauh lebih mahal daripada harga iPhone resmi dari Apple Store di Singapura. Tapi perlu diingat, harga dari Smartfren tersebut sudah termasuk paket data perbulan. Jadi kalau dihitung harga fisik iPhonenya saja, sebenarnya justru dari Smartfren lebih murah. Hanya saja sayangnya kita tidak bisa membeli dari Smartfren dengan harga fisik iPhonenya saja, tanpa paket data dengan harga yang sama.

Gimana, tertarik beli iPhone resmi di Indonesia ini? Atau mau beli motor matic saja? 😀