News

Hati-hati, Video Ini Bisa Merusak Perangkat iOS Anda!

[Foto: Pexels.com]
[Foto: Pexels.com]
Jika Anda berpikir bahwa bug text crash pada iOS tahun lalu adalah gangguan terburuk untuk perangkat genggam Anda, ternyata masih ada yang lebih buruk daripada itu. Pengguna iPhone dan perangkat iOS lainnya harus lebih waspada terhadap tautan apapun yang mereka dapat. Pasalnya, beberapa pengguna melaporkan adanya sebuah video yang sedang beredar, yang berpotensi merusak perangkat apapun yang menggunakan sistem iOS bila ditonton dari browser Safari.

Menurut laporan yang pertama kali dipublikasikan di Reddit pada Selasa, 22 November 2016 lalu, video MP4 yang dimaksud kelihatannya mengakibatkan kebocoran memori yang akan membekukan perangkat dengan seketika ketika ditonton dari browser Safari.

Video ini berpotensi merusak perangkat yang menggunakan iOS versi apapun, mulai dari iOS 5. Artinya, iPhone, iPod dan iPad Anda rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh video ini.

Menurut laporan Engadget pada hari Selasa lalu, EverythingApplePro pengguna perangkat iOS lainnya telah mengkonfirmasi adanya video yang merusak ini, yang menimbulkan kebocoran memori dan kebekuan perangkat, bahkan jika perangkat tersebut menggunakan sistem lama seperti iOS 5. Ketika Anda menonton video tersebut dengan Safari, perangkat Anda akan seketika membeku dan terkunci, memaksa Anda untuk melakukan hard reboot untuk menghidupkannya kembali.

Oke video ini mungkin hanya lelucon jahat para hacker di luar sana, dan mungkin tak akan langsung merusak iPhone Anda, namun kewaspadaan tetap diperlukan, mengingat gangguan semacam ini bisa saja dibuat sebagai bagian dari usaha peretasan atau pencurian data.

Video semacam ini umumnya berbentuk file yang tak dapat diubah, jadi Anda tak perlu khawatir dengan video YouTube atau jenis video terproses lainnya. Namun untuk jaga-jaga, sebaiknya Anda, pengguna iOS ataupun Android, berhati-hati untuk tidak meng-klik direct video link, khususnya dari hosting yang tak jelas seperti vk.com atau testtrial.site90.net jika Anda tak yakin dengan tautan tersebut. Namun masalahnya, peretas bisa saja menggunakan pemangkas tautan untuk menyembunyikan tautan aslinya.

Menurut Engadget, pihak Apple kini tengah mengusahakan perbaikan untuk “kelemahan” di sistem iOS, mungkin dengan menambah patch baru atau dengan cara lain

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID