Home  »  News   »  
News

Hengkang Dari Xiaomi, Kini Hugo Barra Bergabung Dengan Tim Virtual Reality Facebook

[Foto: facebook.com]
Hugo Barra, mantan VP Global Xiaomi yang baru saja keluar dari perusahaan tersebut dikabarkan telah bergabung dengan Facebook untuk memimpin divisi virtual reality Facebook dan juga Oculus. Kabar ini disampaikan secara langsung oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg melalui akun Facebooknya.

“Hugo memiliki pandangan yang sama dengan saya bahwa virtual reality dan augmented reality kelak akan menjadi platform komputasi besar. Kedua [teknologi tersebut] memungkinkan untuk mengalami hal yang baru dan menjadi lebih kreatif dari sebelumnya. Hugo akan turut membantu untuk membangun masa depan itu, dan saya sangat antusias dengan kehadirannya pada tim kami,” tulis Zuckerberg.


Tidak mau ketinggalan, Barra juga mengumumkan kabar ini melalui akun Facebooknya. “Saya sangat antusias untuk  bisa berbagi petualangan saya yang berikutnya setelah kembali ke Silicon Valley—mulai beberapa bulan ke depan saya akan bergabung Facebook sebagai VP of virtual reality (VPVR!) dan memimpin tim Oculus.”

Dalam postingannya, Barra juga mengutip perkataan CEO Xiaomi Lei Jun bahwa “ambisi tertinggi bagi seorang insinyur adalah membuat sebuah terobosan teknologi dengan cepat yang akan tersedia bagi spektrum kemanusiaan yang luas”. Ia pun menjadikan kata-kata ini sebagai misinya di Facebook sebagai seorang VPVR.

Sebelum bergabung dengan Xiaomi, Hugo Barra merupakan VP of Android di Google. Kemudian, pada tahun 2013 ia pindah ke Tiongkok dan bekerja pada Xiaomi, yang pada saat itu masih berupa sebuah startup. Selama masa kepemimpinan Barra di Xiaomi, perusaahaan tersebut berhasil melebarkan sayapnya dan memperluas produknya ke pasar Asia seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, India, dan lain-lain. Lalu, baru-baru ini ia pun mengumumkan kepergiannya dari Xiaomi karena alasan kesehatan dan juga karena ia merasa terasing setelah tinggal jauh dari keluarga dan teman-temannya yang berada di Silicon Valley.