Review Tips & Guide

Hindari Kerusakan Mata Dengan Aplikasi Peredup Layar Ini

[Foto: Tim Stief | Unsplash.com]
[Foto: Tim Stief | Unsplash.com]
Seberapa sering Anda menggunakan smartphone Anda? Mungkin sangat sering. Atau mungkin Anda juga sama seperti saya yang lebih sering menggunakan smartphone pada malam hari. Baik untuk membaca e-book sebelum tidur atau sekedar melihat-lihat timeline Instagram di dalam kendaraan pada saat sepulang kerja. Asal tahu saja, memandangi layar ponsel yang terang pada malam hari (atau di dalam ruangan yang gelap) bisa merusak mata kita dan membuat kita semakin sulit tidur. Solusi untuk masalah ini adalah meredupkan dan mengurangi tingkat kecerahan layar, bahkan lebih dari batas minimum yang tersedia. Selain itu, Anda bisa mencoba mengubah tone warna pada layar ponsel Anda. Berikut ini aplikasi Android yang bisa Anda gunakan untuk meredupkan layar ponsel dan mengubah tone warna di layar Anda. Dengan aplikasi ini, dijamin perangkat Android Anda akan lebih nyaman digunakan ketika malam hari.

[Gambar: Tampilan aplikasi Night Owl | via Google Play]
[Gambar: Tampilan aplikasi Night Owl | via Google Play]
Night Owl

Aplikasi ini adalah aplikasi yang saya gunakan untuk ponsel saya. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengurangi tingkat kecerahan layar perangkat Anda, bahkan lebih rendah pengaturan default di ponsel Anda. Jika Anda menggunakan ponsel berlayar AMOLED, aplikasi ini dapat menghemat daya tahan baterai ponsel Anda.

Selain bisa meredupkan layar ponsel Anda dan bisa mengurangi cahaya biru (blue-light filter) untuk melindungi mata Anda, Anda juga bisa memasang timer untuk mengatur secara otomatis kapan aplikasi ini dimulai dan kapan berhentinya.

[Gambar: Tampilan aplikasi Twilight | via Google Play]
[Gambar: Tampilan aplikasi Twilight | via Google Play]
Twilight

Jangan salah sangka, aplikasi ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan film vampir yang digandrungi anak-anak ABG itu. Twilight adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengkonversi sinar biru dari layar ke warna yang lebih hangat seperti merah atau jingga—tergantung waktu pada saat itu. Aplikasi ini membutuhkan akses terhadap informasi lokasi Anda untuk melacak kapan matahari terbit dan terbenam untuk menyesuaikan intensitas filter warna di layar ponsel Anda secara otomatis.

[Gambar: Tampilan aplikasi Night Screen | via Google Play]
[Gambar: Tampilan aplikasi Night Screen | via Google Play]
Night Screen

Sejauh ini, Night Screen adalah aplikasi peredup layar paling simple dan to the point yang pernah saya temukan. Aplikasi ini menggunakan filter overlay yang bertindak sebagai peredup untuk menggelapkan layar. Kelebihannya, aplikasi ini sangat mudah digunakan dan Anda tidak dihadapkan dengan opsi pengaturan tambahan yang memusingkan. Tampilannya pun sangatlah sederhana dan hanya berupa kotak pengaturan intesitas keredupan layar saja. Bagi Anda yang tidak mau ribet dan ingin aplikasi yang tidak banyak bertele-tele, aplikasi ini akan jadi pilihan yang tepat.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID