News

Huawei Nexus 6P Bermasalah Dengan Android 7.0 Nougat

[Gambar: softwarevilla.com]
Kabar baik datang dari Google yang kini telah meluncurkan sistem operasi mobile terbaru mereka yaitu Android 7.0 Nougat yang dirilis pada Agustus 2016 lalu. Namun sayang, kabar tak sedap langsung menimpa sang penerus Android Marsmallow ini. Dilansir dari Okezone, Android 7.0 Nougat bermasalah ketika digunakan pada perangkat Nexus 6P. Masalah yang timbul ketika pengguna Nexus 6P memperbaharui OS mereka ke Android 7.0 Nougat terkait dengan peforma dan daya baterai yang cepat terkuras.

Akibat hal ini pihak Google menunda peluncuran Android Nougat, padahal mereka telah menyediakan perbaharuan OS ini di situs drivers.google.com. Terpaksa rilis ini ditarik kembali karena bermasalah  bagi pengguna Nexus 6P.

Sampai sekarang, Google dan Huawei masih belum memberikan informasi terkait ketidaknyamanan yang mereka timbulkan pada pengguna. Kedua pihak mengaku belum bisa mengatasi penyebab masalah update Android 7.0 Nougat pada Nexus 6P.

Pihak operator telekomunikasi Vodafone Australia menyatakan bahwa sementara pembaruan OS Android 7.0 Nougat ditunda karena masalah tersebut.

“Suatu hal telah memengaruhi peluncuran update software Nougat. Kami bekerja sama dengan Huawei untuk segera menyelesaikan masalah ini secepatnya. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan kami akan membuat postingan kepada pengguna, setelah kami memiliki update yang telah diperbaiki,” dikutip dari Phone Arena.

Dikutip dari Android Police, operator seluler Vodafone, pendistribusi Android Nougat di Australia ini mengatakan bahwa “Ada sebuah masalah yang menghambat perilisan pembaruan software ini dan kami sedang bekerja sama dengan Huawei untuk mencari solusinya dalam waktu dekat. Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh hal ini dan akan terus memberikan kabar terbaru.”

Menurut Pricebook, ketika OS-nya diperbaharui, perangkat Nexus 6P menjadi sedikit lemot dan baterai menjadi boros. Padahal Google telah menyebarkan update sistem Android Nougat ke Nexus di halaman Google Nexus OTA. Bahkan pihak Google sudah gencar memghimbau pengguna untuk segera memperbaharui OS mereka.

Masih dari Pricebook, ternyata masalah serupa terjadi pada pengguna Nexus 9 LTE. Mereka mengeluh baterai ponsel mereka bermasalah setelah melakukan update. Seperti halnya pada kasus Nexus 6P, masih belum ada konfirmasi dari Google.

Tersebar rumor yang menyebutkan bahwa masalah tak berasal dari sistem Android 7.0 Nougat terbaru, melainkan komponen Nexus yang diduga kurang kompatibel dengan operational system tersebut.

Setelah kabar tak sedap yang menimpanya, Google punya kabar baik untuk kita semua. Kini pihak perusahaannya telah merilis update OS untuk Nexus 6P. Pengguna Nexus 6P dapat mengupdate Android N tanpa harus mengalami permasalahan terkait baterai dengan syarat menggunakan build number NRD90U. Google pun dikabarkan telah menyertakan update sistem keamanan. Kini pengguna Huawei Nexus 6P  dapat memperbaharui OS mereka ke Android Nougat dengan memasukkan terlebih dahulu build number.

Gottabe Mobile menyatakan bahwa Nexus 6P  bermasalah dengan Android Nougat karena adanya aplikasi Playstore belum mendukung penggunaan OS Android Nougat di perangkatnya.

Salah satu saran untuk pengguna Nexus 6P  yang telah memperbaharui OS mereka ke Android Nougat adalah dengan menghemat baterai secara manual. Caranya misal dengan menonaktifkan sinkronisasi akun, mengatur manual kecerahan layar, mematikan aplikasi tidak terpakai, menghapus cache, dan memindahkan berkas video. Yang lebih ekstrim lagi, jika memang masalah masih tak sanggup teratasi, pengguna sebaiknya melakukan downgrade Android Nougat ke versi  OS sebelumnya, Marshmallow atau Lolipop. Tapi tentunya ini PR yang tidak mudah.

 

[Gambar: softwarevilla | softwarevilla.com]

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID