Home  »  News   »  
News

Huawei Tembus Daftar ‘The Most Valuable Brands 2017’ versi Forbes

[Foto: Shutterstock/photo_master2000]
Forbes resmi mengumumkan daftar ‘The Most Valuable Brands 2017’. Melalui daftar ini Forbes menampilkan peringkat merek-merek dengan nilai tertinggi di dunia di tahun 2017 versi mereka. Huawei berhasil menembus daftar bergengsi ini pada urutan ke-88 dengan nilai merek sebesar USD 7,3 miliar atau setara dengan IDR 98,6 triliun. Nilai ini naik sebesar sembilan persan apabila dibandingkan tahun lalu.

Forbes memilih 100 merek dengan nilai tertinggi setiap tahunnya dari antara lebih dari 200 merek internasional di seluruh penjuru dunia. Tahun ini, 100 merek yang berhasil masuk ke dalam daftar bergengsi tersebut berasal dari 15 negara dengan 56 kursi dikuasai oleh merek-merek asal Amerika Serikat. Merek-merek dari Jerman, Perancis, dan Jepang masing-masing turut menguasai daftar bergengsi ini dengan jumlah masing-masing sebelas, tujuh, dan enam kursi.

Tidak diragukan lagi, teknologi menjadi industri yang berhasil menyumbangkan merek dengan nilai tertingi paling banyak di dalam daftar merek dunia dengan jumlah 18 kursi. Di antara 15 peringkat pertama, sembilan posisi ditempati perusahaan teknologi, dan Apple masih menduduki posisi nomor satu selama tujuh tahun berturut-turut.

Industri lainnya yang ikut mengambil banyak posisi di dalam daftar ini adalah industri perbankan dengan 13 kursi, dan American Express menjadi merek dengan posisi tertinggi di dalam kategori tersebut setelah mengukir nilai merek sebesar USD 24,5 miliar atau setara dengan IDR 330,7 triliun di posisi ke-22. Industri fast moving consumer goods atau FMCG menyumbangkan 12 kursi, dengan posisi tertinggi di dalam kategori tersebut ditempati Gillete setelah mengukir nilai merek sebesar USD 19,2 miliar atau setara dengan IDR 259,2 triliun di posisi ke-28.


Berkat pengakuan merek Huawei oleh konsumen di seluruh dunia, Huawei berhasil menjadi salah satu pemain unggul di industri teknologi dengan pertumbuhan pesat di tahun 2016. Pada awal tahun 2017, Huawei mencatat jumlah pengapalan unit smartphone yang tumbuh secara stabil. Berdasarkan data dari lembaga penelitian ternama seperti IDC, SA, dan Trendforce, jumlah pengapalan unit smartphone Huawei menduduki peringkat ke-3 di dunia dan peringkat pertama di Tiongkok, serta mempertahankan posisi mereka untuk segmen teratas di pasar internasional.

Menurut siaran pers yang diterima Labana, dengan inovasi desain terbaik pada seri P dan Mate, Huawei mampu mempengaruhi segmen kelas atas. Selain itu, Huawei P9 dan P9 Plus berhasil terjual sebanyak lebih dari 12 juta unit di seluruh dunia, menjadikannya smartphone flagship Huawei pertama yang berhasil terjual lebih dari 10 juta unit. Seri terbaru Huawei, P10 telah dirilis resmi secara global, berkolaborasi dengan Pantone sebagai otoritas warna terbaik di dunia, dengan menghadirkan warna Greenery yang disambut dengan antusias oleh konsumen dunia.

Dalam pengembangan merek, Huawei berintegrasi dengan berbagai pemasar kelas dunia untuk membuat berbagai inovasi rencana pemasaran terbaik. Setelah resmi meluncurkan Huawei P10, Huawei menjalin kerjasama dengan VOGUE, majalah fesyen ternama dunia, dan meluncurkan kampanye  reproduce iconic photos dengan mengguanakan varian P10, dimana kualitas dari foto Leica Portrait menjadi fokus utama dari Huawei P10.

Selain itu, Huawei juga menjalin kerjasama dengan Saatchi Gallery dalam menggelar pameran foto-foto selfie ke tingkatan yang lebih tinggi dengan mengangkat tema “From Selfie to Self Expression”. Berbagai acara global ini tidak hanya mentransmisikan konsep merek Huawei, namun juga menghubungkan Huawei dengan gaya hidup dan emosi para konsumen, menciptakan hubungan emosional yang lebih kuat dengan konsumen global.

Peningkatan pengaruh merek Huawei telah diakui oleh beberapa institusi ternama di dunia. Selain menempati salah satu merek dengan nilai tertinggi di daftar  “The Most Valuable Brand 2017” dari Forbes, Huawei juga terpilih dalam berbagai daftar-daftar bergengsi untuk merek terbarik lainnya.

Pada bulan Oktober 2016, Huawei menempati posisi ke-72 dari daftar 100 merek terbaik di dunia keluaran Interbrand. Ini menempatkan Huawei menjadi perusahaan teknologi pertama yang melakukan lompatan drastis dalam peringkat daftar tersebut. Huawei juga menempati posisi ke-40 dari daftar ‘Global 500’ untuk merek-merek dengan nilai tertinggi di tahun 2017, naik 7 posisi dari tahun 2016.