Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Icon pada Notification Area Windows 10 Tidak Bisa Disembunyikan? Ini Cara Mengatasinya

[Gambar: Screenshoot Windows 10]
Ada yang tahu notification area–atau lebih akrab dengan sebutan system tray pada PC Windows? Terdengar familiar, bukan? Ya, ini merupakan sebuah area yang terletak di samping kanan taskbar. Biasanya, area ini berisi ikon-ikon seperti batteryvolume, antivirus, dan lain-lain. Secara default, Windows 10 memungkinkan penggunanya untuk menyembunyikan ikon yang ada pada notification area agar desktop tidak terlihat berantakan. Saat Anda menyembunyikan sebuah ikon, ia akan muncul pada overflow section pada notification area tersebut. Sebagai informasi, overflow section merupakan area yang akan muncul di atas notification area dan terlihat mengambang.(Lihat gambar di atas sebagai pedoman).


Lalu, bagaimana cara menyembunyikan ikon tersebut? Mudah saja. Anda cukup melakukan drag and drop pada sebuah ikon dari notification area ke bagian luar taskbar. Jika Anda ingin melihat ikon yang telah disembunyikan, cukup klik ikon tanda panah ke atas yang ada di samping notification area. Masalahnya, terkadang ada kasus di mana ikon panah ke atas pada taskbar tidak bisa ditemukan di mana-mana. Alhasil, semua ikon pun akan muncul di notification area. Lalu, ketika Anda mencoba untuk menyembunyikan sebuah ikon dengan cara drag and drop, tidak ada yang terjadi. Jika Anda mengalami kesulitan ini, ada kemungkinan terdapat sebuah program baru yang mengatur agar sistem selalu menunjukkan semua ikon pada notification area.

Cara membuat ikon pada notification area bisa disembunyikan lagi

Jika Anda kesulitan untuk menyembunyikan ikon-ikon notification area pada taskbar Windows 10, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk bisa menyembunyikannya kembali.

Langkah 1: Klik kanan pada sebuah area kosong di taskbar, kemudian klik Taskbar settings untuk membuka halaman Task Properties. Anda juga bisa membukanya melalui aplikasi Settings -> Personalization -> Taskbar.

Langkah 2: Pada bagian Notification area, klik pada tautan Select which icons appear on the taskbar.

Langkah 3: Di halaman ini, matikan opsi Always show all icons in the notification area. Menonaktifkan opsi ini akan menyembunyikan semua ikon notification area yang ada. Sekarang, Anda bisa melihat kembali ikon panah ke atas pada taskbar. Klik ikon tersebut untuk melihat semua ikon yang tersembunyi.

Jika Anda perhatikan, pada halaman ini juga terdapat opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan masing-masing ikon. Mulai dari ikon Microsoft OneDrive hingga ikon Power. Jadi, Anda bisa mengatur ikon mana yang mau ditampilkan sesuai dengan keinginan Anda. Selamat mencobanya!