News

Ikuti Jejak Xiaomi, Lenovo LuncurkanLaptop Pesaing Macbook Air: Lenovo Air 13 Pro

[Gambar: lenovo.com.cn]
Kalau minggu lalu Xiaomi meluncurkan laptop pesaing Macbook Air, kini Lenovo juga tidak mau ketinggalan dan turut meramaikan persaingan di bisnis laptop. Laptop yang bernama Lenovo Air 13 Pro ini merupakan sebuah laptop dengan sistem operasi Windows 10 yang memiliki spesifikasi yang hampir serupa dengan Mi Notebook Air dari Xiaomi.  Berikut ini spesifikasi dari Lenovo Air 13 Pro:

  • Layar Full HD 13,3 inch
  • Prosesor Intel Core i5 atau i7 Skylake
  • SSD hingga 512GB
  • RAM hingga 8GB
  • 2GB Nvidia GeForce GTX940MX GPU
  • Sensor sidik jari

Salah satu fitur yang membedakan laptop Lenovo dengan laptop Xiaomi adalah fitur sensor sidik jari. Sensor sidik jari merupakan fitur yang cukup populer di kalangan para pengguna. Namun, saya pikir ketidakhadiran fitur ini tidak akan begitu mempengaruhi penjualan laptop Mi Notebook Air.

Dari segi beratnya, Lenovo Air 13 Pro memiliki bobot 1,29 kg dan memiliki tebal 1,48cm. Sementara itu, Mi Notebook Air 13,3 inch memiliki bobot yang lebih ringan, yaitu 1,28 kg. Tapi yang jelas, keduanya lebih ringan dari MacBook Air 12,8 inch yang memiliki bobot 1,35 kg dan ketebalan maksimal 1,7cm.

[Gambar: theverge.com]
Lenovo Air 13 Pro ini baru bisa dipreorder di situs resmi Lenovo Tiongkok dan dibanderol dengan harga 4.999 yuan (sekitar Rp 9,8 juta ), sama dengan harga Mi Notebook Air ukuran 13,3 inch. Namun, kabarnya harga jual laptop Lenovo Air  13 Pro akan naik hingga angka 5.499 yuan (sekitar Rp 10,8 juta) untuk versi low-end dan 6.999 yuan (sekitar Rp 13,79 juta) untuk versi high-end setelah periode pre-sale ini berakhir. Meskipun begitu, dengan spesifikasi dan harga yang ditawarkan oleh Lenovo, laptop bisa dibilang cukup bersaing jika dibandingkan dengan Macbook Air keluaran Apple yang mematok harga yang jauh lebih mahal.

Sampai saat ini, belum ada informasi mengenai jadwal peluncuran laptop ini di negara-negara lain selain Tiongkok.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID