News

Ilmuwan Belgia Ciptakan Alat yang Mampu Ubah Air Kencing Jadi Bir

[Foto: Reuters.com]
[Foto: Reuters.com]
Para ilmuwan dari Universitas Belgia telah menciptakan sebuah mesin tenaga surya yang dapat mengubah urin atau air kencing menjadi air minum. Ilmuwan ini dikabarkan menggunakan mesin tersebut pada festival musik dan teater yang berlangsung di pusat Ghent, Belgia selama 10 hari.

Dengan proyek #peeforscience (kencing demi ilmu pengetahuan), para ilmuwan pun mampu mengumpulkan 1.000 liter urine atau air kencing para pengunjung festival, yang akan digunakan untuk membuat bir Belgia.

Mereka mampu melakukan hal ini dengan cara distilasi membran yang dapat menghilangkan 95 persen dari semua amonia yang ada dalam urine. Cairan tersebut dikumpulkan dalam tangki besar dan dipanaskan dalam boiler bertenaga surya. Urin yang telah dipanaskan kemudian melewati membran yang memisahkan air dan nutrisi seperti nitrogen dan kalium, yang dapat digunakan untuk membuat pupuk.

Selain itu, mengingat tangki digunakan untuk mengobati urin tidak memerlukan listrik, proses ini dapat dilakukan di seluruh dunia dengan biaya yang sangat terjangkau.

“Kami bisa mendapatkan pupuk dan air minum dari urin hanya dengan menggunakan proses yang sederhana dan menggunakan tenaga surya,” kata salah seorang peneliti di University of Ghent, Sebastiaan Derese.

Tujuan para ilmuwan ini untuk saat ini adalah menempatkan mesin tersebut di bandara dan tempat olahraga. Para ilmuwan juga ingin membantu masyarakat pedesaan di negara berkembang di mana pasokan air minumnya terbatas.

Sama seperti proyek-proyek sebelumnya yang dikerjakan oleh tim peneliti ini, cairan yang dihasilkan pada festival kota ini akan digunakan untuk membuat salah satu minuman khas Belgia yang paling disukai, bir.

“Kami menyebut [program ini] dari selokan (sewer) ke penyulingan bir (brewer),” kata Derese.

Berani coba untuk meminumnya?

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID