Home  »  News   »  
News

Ilmuwan Cina Membuat Alam Semesta Virtual Terbesar di Dunia dengan Komputer Tercepat di Dunia

Ilustrasi [Foto: Shutterstock]
Sebuah tim ilmuwan Cina telah mengujicoba superkomputer tercepat di dunia dengan menggunakannya untuk menciptakan alam semesta virtual terbesar. Mereka menyebutnya “latihan pemanasan” untuk mesin yang disebut Sunway TaihuLight, yang menggunakan 10 juta core CPU untuk menghitung bilangan untuk simulasi.

Menurut South China Morning Post (SCMP), sebuah surat kabar berbahasa Inggris yang berbasis di Hong Kong, alam semesta Sunway lima kali lebih besar daripada simulasi yang dilakukan oleh astrofisikawan dari Universitas Zurich pada bulan Juni. Kelemahannya adalah bahwa simulasi alam semesta tersebut hanya berlangsung selama satu jam, sedangkan simulasi di Swiss berlangsung 80 jam.

Simulasi kosmos dapat membantu para astronom mencari daerah yang paling menjanjikan untuk diselidiki dan dapat menjelaskan komponen misteriusnya, seperti materi gelap dan energi gelap. Simulasi tim Cina, membantu kita melihat kembali kelahiran dan “pertumbuhan” awal alam semesta, sekitar puluhan juta tahun setelah Big Bang.

Gao Liang, ilmuwan yang mempimpin kelompok kosmologi komputasional di National Astronomical Observatories, Chinese Academy of Sciences di Beijing, mengatakan bahwa mereka mensimulasikan kelahiran dan “pertumbuhan” awal alam semesta dengan menggunakan 10 triliun partikel digital.

“Ini hanya latihan pemanasan. Kami masih harus menempuh jalan panjang untuk mendapatkan yang kami inginkan,” katanya.


Dalam astronomi, peneliti mensimulasikan alam semesta dengan menghancurkan misinya menjadi partikel. Partikel-partikel ini berinteraksi satu sama lain melalui kekuatan fisik seperti gravitasi. Semakin banyak partikel yang terlibat, semakin tepat ilmuwan dapat memutar ulang dan meramalkan evolusi alam semesta. Proses ini dapat menjelaskan banyak masalah seperti sifat dan penyebaran energi gelap.

Perhitungannya, juga dikenal dengan simulasi N-body, diintensifkan dengan peningkatan partikel. Perhitungan tersebut hanya bisa mensimulasikan lebih dari 1.000 partikel dengan komputer terbaik di tahun 1970an. Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan mencapai tingkat triliun partikel pada beberapa mesin paling kuat di dunia seperti Titan di Amerika Serikat, komputer K di Jepang dan Tianhe-2 di Guangzhou.

Namun, Sunway membiarkan para pesaingnya mengikuti perkembangannya, memperlihatkan kinerja yang belum mereka lihat sebelumnya.

Dibangun sepenuhnya dari chip buatan China dengan konsumsi energi sangat rendah, Sunway telah menduduki puncak tangga lagu superkomputer dunia sejak Juni tahun lalu.

Sayangnya, mereka harus berhenti setelah mereka mencapai titik itu. Gao Liang mengatakan bahwa superkomputer tersebut memiliki “tugas” lain yang telah mengunggu hari itu.

“Ada banyak perhitungan… (superkomputer) pasti kehabisan tenaga,” kata Gao.

Dia menjelaskan bahwa Sunway telah menggunakan total 10 juta core CPU, menjalankan beberapa instruksi pada masing-masing inti untuk meningkatkan kecepatan perhitungan.

SCMP mengatakan superkomputer buatan China biasanya memiliki kelemahan besar dan jarang berjalan dengan kapasitas penuh. Tim peneliti tersebut pasti telah menemukan cara untuk memaksimalkan kekuatan Sunway, karena proyek tersebut dilaporkan meregangkan mesin sampai batas tanpa membobolnya.

Gao berharap bisa menjalankan simulasi dari kelahiran alam semesta hingga saat ini—sekarang umurnya sekitar 13,8 miliar tahun—tapi mereka mungkin akan menunggu sampai penerus Sunway siap sebelum meluncurkan usaha berikutnya. Superkomputer generasi mutakhir ini nampaknya akan 10 kali lebih cepat dari Sunway dan bisa naik dan beroperasi sekitar tahun 2019.

Simulasi tersebut diungkapkan ke publik untuk pertama kalinya pada hari Rabu dalam sebuah artikel oleh Wang Qiao, ilmuwan lain yang ambil bagian dalam proyek ini, untuk S cience and Technology Daily, surat kabar resmi Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China.