News

Ilmuwan Inggris Berhasil Jalankan Terapi yang Bisa Sembuhkan Pengidap HIV

[Ilustrasi: Alexey Kashpersky | huffingtonpost.com]
Selama setengah abad lebih virus HIV menjadi sebuah penyakit mematikan yang tidak kunjung ditemukan obatnya. Para ilmuwan yang tersebat di seluruh dunia telah secara aktif melakukan serangkaian riset dan penelitian terhadap penyakit ini, namun sejauh ini belum ada yang benar-benar ampuh bisa mengalahkan virus ini. Bahkan, kebanyakan penelitian kini hanya berfokus untuk membuat obat yang dapat mencegah HIV dan melemahkan HIV secara sementara—bukan untuk menyembuhkan.

Namun, sekelompok ilmuwan dari Inggris dikabarkan telah menemukan sebuah obat yang mungkin bisa menjadi solusi dan dapat mengalahkan virus yang mematikan ini. Seorang lelaki berusia 44 tahun di Inggris dilaporkan telah menjadi orang pertama sepanjang sejarah yang benar-benar sembuh dari HIV. Para ilmuwan yang menjalankan terapi eksperimental ini menyatakan bahwa setelah pasien itu menjalani serangkaian prosedur terapi eksperimental tersebut, sudah tidak ada lagi virus HIV yang terdeteksi di dalam darahnya.

Pertama-pertama, pasien akan diberi vaksin untuk membantu sistem kekebalan tubuhnya mendeteksi sel yang terinfeksi. Setelahnya, pasien akan diberikan Vorinostat untuk mengaktifkan sel-sel yang terinfeksi yang biasanya tidak bisa terdeteksi. Setelah itu, bagian dari sistem kekebalan tubuh yang sehat akan membunuh semua virus HIV, dan secara teori akan mengurangi, bahkan menghilangkan kesempatan virus tersebut untuk menyerang kembali tubuh pasien tersebut.

Sebuah tim yang terdiri dari lima universitas di Inggris saat ini sedang melakukan uji coba pada 50 orang. Mark Samuels, direktur Institut Nasional untuk Kantor Penelitian Medis untuk Infrastruktur Penelitian Klinis, mengatakan kepada The Sunday Times bahwa mereka “sedang menjelajahi kemungkinan nyata untuk menyembuhkan HIV. Hal ini merupakan sebuah tantangan besar dan meskipun ini baru permulaan, namun kemajuannya sangat luar biasa.”

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID