Home  »  News   »  
News

Ilmuwan NASA Temukan Planet Terpanas di Alam Semesta

[Foto: mirror.co.uk]
Jika Anda merasa suhu Bumi saat ini begitu panas, maka itu tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan planet yang satu ini. Atau jika Anda menduga Mars atau Venus merupakan planet terpanas, maka itu adalah jawaban yang bisa jadi salah.

Pasalnya, sekelompok ilmuwan NASA baru saja menemukan planet yang diklaim paling panas di alam semesta. Suhu planet tersebut tercatat bisa mencapai 4.326 derajat Celsius!

Planet yang dinamai KELT-9b itu berlokasi 650 tahun cahaya dari Bumi. Jika dihitung, jaraknya cukup dekat dari Tata Surya. Butuh waktu setidaknya satu hari setengah untuk bisa mencapai orbit KELT-9b. Ukurannya planet ini sangat besar, bahkan bisa tiga kali lebih besar dari Jupiter.

Pimpinan ilmuwan yang juga mengajar di Ohio State University, Scott Gaudi, mengungkapkan posisi planet paling panas tersebut. Ia mengatakan, KELT-9b berada di konstelasi Cygnus dan memiliki suhu lebih panas dari semua bintang-bintang yang hidup di alam semesta.

KELT-9b memiliki bintang yang berputar dengan tekanan gravitasi besar, seperti layaknya Bulan ke Bumi. Namun, karena suhu planet terlampau panas, ia bisa memancarkan radiasi ekstrem. Alhasil, molekul kandungan air, karbon dioksida, dan metan tidak bisa terbentuk di planet tersebut.

“KELT-9b merupakan jenis planet yang terbentuk dari sebuah massa. Namun, atmosfernya terbuat dari elemen berat, yaitu sodium, potassium hingga hidrogen dan helium yang bisa jadi komponen utama,” terang Gaudi, sebagaimana dilansir dari laman Mirror.


Untuk meninjau karakteristik planet tersebut, ke depannya, ilmuwan akan mempelajari KELT-9b dengan teleskop Spitzer dan Hubble. Mereka berasumsi, KELT-9b justru tidak akan memiliki usia panjang. Pasalnya, suhu panas yang ekstrem akan membakar planet dengan sendirinya.

Sebelumnya ditemukan planet terpanas dengan suhu 3.200 derajat Celsius

Pada 2010 silam, astronom yang terlibat dalam proyek Super Wide Angle Search for Planets (SuperWASP) telah menemukan planet yang diklaim paling panas di alam semesta. Planet yang dinamai WASP-33b itu jaraknya sekitar 380 tahun cahaya dari konstelasi Andromeda. Berdasarkan observasi dengan William Herschel Telescope, suhu planet tersebut mencapai 3.200 derajat Celsius.

Sejak 2006, planet itu sudah diduga keberadaannya. Namun, WASP-33b baru dikonfirmasi tahun 2010. Planet tersebut diketahui tergolong dalam jenis planet gas dengan massa kurang dari 4,5 kali massa Planet Jupiter.

Salah satu penyebab panasnya suhu planet itu adalah suhu bintang induknya yang juga panas. Astronom mengatakan, suhu bintang induk planet itu adalah 7.160 derajat Celsius, lebih tinggi dari suhu matahari yang hanya 5.600 derajat Celsius.

Faktor lainnya adalah kedekatan jarak orbit WASP-33b dengan bintang induknya. Dengan jarak hanya 7 persen dari jarak Merkurius-Matahari, planet ini seakan menjadi ‘ketularan’ panas bintang induknya.

Studi tentang planet ini dipimpin oleh Alexis Smith dari Universitas Keele di Stafordshire, Inggris. Melalui studi ini, astronom juga mengetahui bahwa waktu revolusi planet ini sangat singkat, yakni hanya 29,5 jam.

Drake Deming dari Goddard Space Flight Center NASA di Greenbelt, Maryland yang tidak terlibat penelitian ini, mengatakan bahwa WASP-33b bisa membantu astronom dalam menelaah planet panas yang karakteristiknya masih misteri.

Hal yang bisa dipelajari, misalnya, adanya planet berorbit dekat dengan bintangnya yang memiliki lapisan atmosfer luar lebih dingin dari lapisan dalamnya. Ini mengejutkan karena planet tersebut ‘dipanaskan’ dari luar.

Deming mengatakan, fakta itu bisa berkaitan dengan adanya senyawa berbasis karbon yang mengubah cara atmosfer merespon radiasi. Senyawa kimia tertentu bisa terbentuk akibat sinar ultraviolet dari bintang.