Tips & Guide

Ingin Dapat Koneksi Wi-Fi yang Optimal? Gunakan 5 Aplikasi Ini

[Foto: flickr.com]
[Foto: flickr.com]
Dewasa ini, koneksi jaringan internet dengan menggunakan WiFi menjadi salah satu hal yang dibutuhkan oleh masyarakat. Layanan WiFi saat ini pun tak terbatas di perkantoran dan tempat publik saja. Perumahan pribadi pun tak luput dari penggunaan WiFi.

Pasalnya, sekarang ini tidak hanya komputer saja yang membutuhkan koneksi tersebut. Ponsel pintar, tablet dan laptop pun harus terkoneksi WiFi.

Akan tetapi, tak jarang kita menemukan koneksi WiFi yang tak sesuai harapan. Ya, apalagi kalau bukan koneksi WiFi yang lemot. Berdasarkan survei perusahaan internet Akamai Technologies, kecepatan rata-rata tertinggi atau peak speed internet di Indonesia masuk ke peringkat ke-6 dunia.

Koneksi nirkabel WiFi yang buruk bisa membuat orang merasa tertekan. Terutama ketika internet telah jadi bagian dari hidup sehari-hari, mulai dari hiburan sampai soal pekerjaan. Nah, agar Anda mengetahui informasi tentang ketersediaan jaringan Wi-Fi, maka Anda bisa menggunakan alat informasi atau optimalisasi WiFi. Hal ini dilakukan supaya Anda bisa memperoleh koneksi WiFi terbaik.

Dengan lima program utilitas ini, Anda bisa mendapatkan kinerja WiFi yang optimal dan kecepatan tinggi. Seperti dilansir dari techspot, berikut adalah beberapa aplikasi di PC yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi soal ketersediaan dan optimalisasi WiFi.

Xirrus Wi-Fi Inspector

Wi-Fi Insceptor 2.0 dirancang untuk melacak status jaringan nirkabel setiap saatnya. Saat ini, aplikasi ini sudah tersedia untuk Windows dan MacOS. Aplikasi ini mendukung teknologi Wi-Fi versi terbaru, termasuk 802.11ac Wave 1 dan Wave 2.

Selain itu, Xirrus Wi-Fi Inspector juga dapat mendeteksi jalur akses koneksi internet nakal dan dapat digunakan untuk membantu tim IT memecahkan berbagai masalah. Saat ini, Xirrus Wi-Fi Inspector tersedia sebagai aplikasi freeware.

InSSIDer

Dengan alat ini, Anda bisa mendetaksi setiap MAC address hotspot nirkabel, enkripsi, dan kekuatan sinyal. InSSIDer adalah salah satu aplikasi WiFi yang populer, dan tersedia untuk Windows, MacOS dan Android. Namun sayang, aplikasi ini tidak gratis. Jika ingin mengunduhnya, maka Anda perlu merogoh kocek sekitar $19.99.

Versi berbayar aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengukur kekuatan sinyal dan memperkirakan kinerja WiFi di berbagai lokasi. Melihat apakah dinding, tangga, dan pintu mempengaruhi jangkauan jaringan nirkabel Anda.

WifiInfoView

WifiInfoView akan memindai jaringan nirkabel di area Anda dan menampilkan informasi yang lebih luas. Ini termasuk Nama Jaringan (SSID), MAC Address, PHY Type (802.11g atau 802.11n), RSSI, Signal Kualitas, Frekuensi, Channel Number, Kecepatan Maksimum, Nama Perusahaan, Model Router, Nama Router, dan masih banyak lagi.

Selain itu, WifiInfoView juga memiliki modus yang dapat menunjukkan semua jaringan nirkabel yang terdeteksi, dikelompokkan berdasarkan nomor saluran, dan kecepatan maksimum. Dan, WifiInfoView adalah freeware, namun tersedia hanya untuk Windows saja.

Wifi Analyzer untuk Android

Lewat aplikasi ini, Anda bisa mengubah ponsel Android menjadi perangkat analisa WiFi. Anda dapat mencari dan memilih koneksi Wi-Fi mana yang lebih kuat dan stabil koneksinya.

NetSurveyor

NetSurveyor dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti memverifikasi apakah jaringan Anda sudah diatur dengan benar, mencari daerah yang cakupan WLAN-nya paling rendah, mendeteksi gangguan di dalam jaringan, dan mendeteksi titik akses jaringan ‘nakal’.

Data yang ditampilkan menggunakan berbagai tampilan diagnostik yang berbeda dan berbentuk grafik. Data dapat direkam untuk beberapa waktu yang lama dan diakses kembali di lain waktu. NetSurveyor dapat diunduh secara gratis dan dapat digunakan oleh pekerja IT sebagai alat bantu mengetahui koneksi jaringan di tiap titik akses dan jaringan nirkabel.

Itulah beberapa apliasi yang bisa membantu Anda mendapatkan WiFi yang optimal. Selamat mencoba!

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID