Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Ingin Jadi Karyawan Apple? Ini Bocoran 25 Pertanyaan Wawancaranya

[Foto: etfdailynews.com]
Siapa tak kenal dengan Apple? Perusahaan teknologi terbesar di dunia ini sangat terkenal dengan berbagai produknya, salah satunya iPhone. Tidak hanya terbesar, namun Apple juga diketahui sebagai perusahaan yang memberikan gaji besar dan memiliki lingkungan kerja yang menarik serta menyenangkan.

Pada 2014 silam, situs pencarian kerja Glassdoor merilis informasi terkait rata-rata besaran gaji karyawan Apple. Dilansir dari business insider, data besaran gaji karyawan Apple yang berhasil dikumpulkan Glassdoor ini didapat dari survei sejumlah sukarelawan yang masih aktif bekerja di Apple.

Survei yang dilakukan meliputi seluruh tingkatan karyawan. Mulai dari karyawan level non-manajemen, manajemen, insinyur teknis, desainer, programmer, hingga petinggi di divisi masing-masing. Hasilnya, gaji terendah adalah 44.070 USD untuk jabatan Mac Genius, sedangkan gaji tertinggi adalah 174.140 USD untuk jabatan Industrial Designer.

Namun, untuk menjadi karyawan Apple tentu tidaklah mudah. Apple sendiri tak main-main dalam mempekerjakan pegawai. Kandidat akan ‘disaring’ dengan berbagai tes, mulai dari teknis, personal, hingga persoalan yang mengandung teka-teki.

Dilansir dari daily mail, begitu banyak kandidat yang membagi berbagai pertanyaan wawancara di Apple, yang akhirnya membuat dirinya tak tersaring jadi salah satu pegawai Apple.

Baca Juga:  Microsoft Resmi Tutup MSN China Pada Awal Juni 2016

CEO Apple Tim Cook, dalam wawancara di acara televisi 60 Minutes menyatakan bahwa Apple hanya akan mempekerjakan “seseorang dengan passion dan idealisme”. Berikut adalah 25 pertanyaan yang dikeluarkan ketika Anda berhasil menempuh berbagai ujian dan menuju tahap wawancara di Apple.


  1. “Tulislah sebuah kode yang memungkinkan Anda untuk mendeteksi jika mesin yang Anda gunakan untuk menjalankan program adalah memori Little Endian atau Big Endian.”
  2. “Apa makanan kesukaan Anda?”
  3. “Debug kode menjadi infinite loop (terdapat kode yang diberikan oleh pewawancara)”
  4. “Sebuah kubus es berukuran 1 x 1 x 1 meter berada di ruangan bertemperatur 50 derajat celcius dan berada di atas sebuah meja kayu. Es tersebut terletak sejauh satu meter dari tembok yang mengitari empat sisinya, kecuali pada satu sisi yang hanya berjarak 30cm saja. Anda akan diberi dua selimut isolator sebesar 1 meter persegi untuk menutupi balok es tersebut. Jika tujuannya adalah untuk membuat es tak mencair dalam waktu selama mungkin, akan Anda letakkan di mana selimut tersebut?”
  5. “Apa produk Apple favorit Anda dan mengapa?”
  6. “Berapa banyak produk Apple yang Anda miliki?”
  7. “Jika Anda diharuskan untuk membuat sebuah iPhone melayang di udara, bagaimana cara Anda melakukannya?”
  8. “Jika Anda memiliki kubus rubik berwarna putih, berapa jumlah sisi yang akan berwarna putih? Serta berapa sisi sudut yang berwarna putih?”
  9. “Jika Anda memiliki konsumen yang akan membeli laptop, bagaimana Anda meyakinkannya untuk memilih Apple?”
  10. “Bagaimana teknologi membantu Anda dalam kehidupan sehari-hari?”
  11. “Jika Anda diharuskan membawa satu buah gadget ke lokasi terpencil, gadget apakah itu?”
  12. “Apakah Anda mempercayai Apple?”
  13. “Dalam satu jam, tulislah algoritma C++ sederhana yang meliputi input dan output standar. Buktikan kasus tersebut dengan uji coba.”
  14. “Apa makna bekerja di Apple untuk Anda?”
  15. “Jika Anda bisa mengubah sesuatu tentang Apple, apa yang akan Anda ubah?”
  16. “Saya sedang liburan bulan madu di sebuah pantai di Hawaii dan meletakkan iPhone saya di tas selagi saya berenang di laut. Sepertinya saya merasa kalau botol air di dalam tas saya tumpah. Apa yang harus saya lakukan? Semua foto pernikahan saya ada di iPhone tersebut! Apakah saya akan kehilangan semua foto tersebut?”
  17. “Jual pulpen ini kepada saya.”
  18. “Bagaimana cara Anda untuk meretas sistem kami?”
  19. “Desain dan gambar sebuah mesin yang bisa Anda buat dan dapat dilipat hingga tinggal seperempat. Gambarlah dengan model solid dan analisa bagaimana Anda sampai di desain tersebut.”
  20. “Apa slogan untuk diri Anda?”
  21. “Sebutkan 5 cara untuk menghemat baterai di iPhone.”
  22. “Jelaskan kepada anak delapan tahun apa itu modem/router beserta fungsinya”
  23. “Perusahaan apa saja yang baru-baru ini bekerja sama dengan Apple?”
  24. “Jika Anda adalah produk Apple, produk apakah Anda?”
  25. “Apa lagu ‘guilty pleasure’ favorit Anda yang ada di iPod?”
Baca Juga:  Hati-hati, Video Ini Bisa Merusak Perangkat iOS Anda!

Nah, jika Anda ingin menjadi karyawan Apple, Anda perlu menjawab dengan baik semua pertanyaan tersebut.