News

Ingin Jadi Selebgram Dadakan? Intip Dulu Mesin Penjual Likes dan Followers Instagram di Rusia Ini

[Foto: @vsonkin | Instagram.com]
Tidak bisa dipungkiri lagi, media sosial bisa dibilang sudah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan manusia modern saat ini. Kini, mayoritas orang dari berbagai segmen usia hampir tidak bisa lepas dari media sosial. Mereka senantiasa merekam jejak kesehariannya pada saluran-saluran media sosial yang ada, seperti Facebook, Twitter, maupun Instagram. Tidak hanya itu saja, orang-orang nampaknya semakin terobsesi juga dengan jumlah follower yang mereka miliki atau likes yang didapatkan pada postingan media sosialnya. Hal ini terbukti dengan penggunaan hashtaag seperti #likeforlike atau #followforfollow yang kian marak dipakai. Oleh karena itu, tidak aneh jika fenomena ini dimanfaatkan oleh para pebisnis yang bisa melihat prospek dari tren ini ke depannya.

Sebut saja di Rusia, di mana Anda sudah bisa menemukan vending machine alias mesin penjual yang menjajakan follower dan like untuk akun media sosial seperti Instagram dan VK — sebuah jejaring sosial yang populer di negara itu. Di sana, Anda bisa membeli 100 likes di Instagram dengan harga $.89 saja (setara Rp 11 ribu). Jika Anda mengeluarkan kocek sebesar $1.77 (setara Rp 23 ribu), maka Anda bisa membeli 100 follower Instagram. Selain menjajakan likes dan followers palsu untuk media sosial, mesin ini juga dilengkapi dengan fitur selfie dan bisa mencetak foto Instagram Anda.

Baca Juga:  Beberapa Hal Dasar dalam A/B Testing yang Harus Dipahami

Seorang jurnalis Rusia bernama Vasily Sonkin lah yang pertama kali melihat adanya mesin ini di sebuah pusat perbelanjaan di Moscow, yang kemudian diposting ke Twitter oleh rekannya, Alexey Kovalev. Menurut testimoni dari Kovalev pada Motherboard, mesin seperti ini tersebar di berbagai penjuru di Moscow. Bahkan, kabarnya ada juga mesin semacam ini di berbagai kota lainnya di Rusia. “Saya bahkan melihat mesin ini di dalam sebuah toko buku!” papar Kovalev. Menurut laporan, setidaknya ada 20 mesin serupa yang tersebar di berbagai kota Rusia. Jika digunakan, mesin yang diluncurkan oleh sebuah perusahaan Rusia bernama Snatap ini secara otomatis akan menambahkan pengguna ke social networks dan mengirimkan request ke teman-teman pengguna.

Jual beli follower dan like di Instagram (atau media sosial lainnya) sebenarnya bukanlah sebuah praktik yang baru dilakukan. Namun, kehadiran mesin penjual semacam ini membuktikan bahwa tingkat kecanduan masyarakat terhadap media sosial benar-benar sudah memasuki tahapan yang lebih tinggi lagi.