Home  »  News   »  
News

Ingin Kembali Hidupkan Fitur “Colek”, Facebook Berencana Membuat Tombol “Hello”?

[Foto: billi4you.com]
Masih ingat tidak saat-saat anda berusaha menyapa teman Anda menggunakan Facebook secara malu-malu, tidak dengan menulis di wall mereka tapi menggunakan fitur poke alias colek? Mungkin beberapa dari Anda masih mengingatnya dan sebagian besar yang lainnya sudah lupa bahwa pernah ada fitur yang satu ini. Sebab, kehadiran fitur ini memang agak janggal. Bagaimana tidak, opsi colek sebetulnya dirasa tidak terlalu krusial sekali bagi para pengguna Facebook yang masih aktif. Karena jikalau satu orang ingin menyapa temannya di Facebook, bisa saja langsung mengirimkan pesan maupun melalui Messenger yang ada di smartphone. Jauh lebih efektif dan menarik daripada sekadar “menyolek”.

Tapi dikutip dari Mashable, disebutkan bahwa Facebook berencana untuk menghadirkan kembali fitur yang bisa dikatakan sudah lama ditinggalkan oleh penggunanya. Namun kabarnya fitur colek akan diganti dengan nama yang baru, “Hello”. Sama dengan versi orisinal dari colek, kami juga belum terlihat ada signifikansi maupun urgensi dari fitur “reinkarnasi” tersebut.


Fitur Hello di Facebook [Foto: Mashable]
Oleh Brett Williams, penulis dari Mashable, disebutkan bahwa fitur poke bagi banyak pengguna Facebook malah dirasa agak menakutkan. Karena fitur ini bisa dianggap sebagai fitur para penguntit. Agaknya, fitur colek ini adalah fitur yang digunakan oleh para pemilik akun Facebook jika merasa ingin ngobrol tapi tidak berani untuk menyapa duluan. Kami sendiri pada saat menaikkan berita ini masih belum melihat ada perubahan pada account pribadi Facebook milik kami, namun dikabarkan perubahan ini sudah ada ditemui oleh Matt Navarra, salah seorang yang jadi punggawa situs TheNextWeb.

Sumber yang kami kutip juga menjelaskan kalau Hello ini tak cuma ada pada Facebook versi mobile, tapi juga ada dan telah hadir pada fitur Facebook versi penuh di website PC. Tampilan yang hadir pun sebetulnya tidak beda jauh saat fitur colek eksis selama ini. Hanya saja, Hello terkesan seperti menghantui orang yang sedang disapa. Karena akan ada kesan lambaian tangan yang sedang menyapa Anda apabila ada user lain yang mengklik tombol Hello. Notifikasi yang muncul pun seakan-akan sama pentingnya seperti notifikasi yang muncul jika Anda menerima pesan di messenger. Fitur ini juga tampaknya punya kesan bahwa orang yang disapa harus menyapa balik jika ingin notifikasi tersebut hilang.

Facebook sendiri menceritakan bahwa fitur Hello sebetulnya tidak seburuk itu. Menurut mereka, mengucapkan kata sapaan pada dasarnya adalah salah satu hal yang paling universal yang dilakukan oleh umat manusia. Mereka hanya berinisiatif untuk memindahkan sapaan dari dunia nyata ke internet dan platformnya.

Sekadar mengingatkan Anda, beberapa tahun lalu bahkan ada aplikasi khusus untuk mencolek user yang ada di daftar pertemanan Anda. Aplikasi tersebut dinamakan Facebook Poke. Sempat eksis beberapa saat, namun kabarnya aplikasi ini dirasa tidak memiliki manfaat yang benar-benar signifikan. Bahkan pada tahun 2014, TheVerge malah berani secara lantang mengatakan bahwa fitur colek yang ada pada aplikasi Facebook Poke sudah mati seiring dengan Facebook Camera.

Dengan berbagai pertimbangan ini, kira-kira Mark Zuckerberg masih ingin berusaha untuk menampilkan tombol Hello atau tidak ya?