Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Ingin Memelihara Hewan ? Perhatikan Biaya Ini

 

Ada beberapa keuntungan apabila kita memelihara hewan di rumah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hewan bisa membawa dampak kesehatan. Seperti diungkap dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology (aboutkidshealth.ca,10 Oktober 2010), ditemukan fakta bahwa anak yang dekat dengan hewan memiliki daya tahan tubuh lebih tinggi. Bukan itu saja. Menurut Blair Justice, PhD, profesor psikologi di University of Texas School of Public Health (webmd.com, 21 Oktober 2014), bermain dengan anjing bisa memicu munculnya hormon serotonin dan dopamin yang bisa membuat seseorang merasa lebih tenang.

Begitulah, banyak manfaat memelihara hewan. Tapi meski bermanfaat, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut sebelum memutuskan memelihara salah satu hewan.

Makanan. Sudah pasti setiap hewan peliharaan memerlukan makanan. Ini harus dipenuhi untuk menjaga hewan kita tetap sehat. Biasanya, hewan seperti kucing atau anjing membutuhkan makan rata-rata dua kali sehari. Bagi hewan yang berasal dari ras asing seperti kucing Persia atau Himalaya, menu makanan yang disukai biasanya dalam bentuk kalengan. Isinya bisa daging atau ikan basah. Harga makanan kaleng atau kemasan ini bervariasi, tergantung besarannya.


Kesehatan. Untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan, Anda harus memberikan vaksin yang didapat di klinik hewan terdekat. Di beberapa klinik hewan, biaya vaksin bisa berkisar antara belasan hingga puluhan ribu rupiah.

Kebersihan. Tak kalah penting yang perlu diperhatikan adalah soal kebersihan bulu, kuku, dan kandang. Jika tidak ingin kucing atau anjing Anda buang kotoran sembarangan, sediakan tempat khusus berupa nampan berisi pasir. Sedangkan untuk membersihkan bulu dan kuku bisa dilakukan sendiri. Syaratnya, mau rutin mengecek kuku. Apabila sudah panjang, harus segera dipotong. Begitu pula cara merawat bulu. Usahakan minimal mencuci bulu kucing atau anjing seminggu sekali.

Dengan mempertimbangkan beberapa kebutuhan pemeliharaan tersebut, sudah tentu ada biaya tambahan yang perlu Anda keluarkan untuk memeliharanya. Tentu, tetap ada cara menghemat uang saat memelihara hewan. Salah satunya, dengan benar-benar menjaga kesehatannya. Sebab, jika sampai sakit, biaya yang keluar bisa dipastikan akan membengkak.

Selamat memelihara hewan kesayangan. Bagikan artikel ini pada teman-teman sesama penyayang hewan melalui situs jejaring sosial.