News

Ingin Saingi Apple Watch, Xiaomi Resmi Luncurkan Smartwatch Amazfit

[Foto: mashable.com]
Setelah terang-terangan menantang Apple dengan meluncurkan Mi Notebook Air, kini Xiaomi mengeluarkan sebuah smartwatch bernama Amazfit untuk mengejar Apple Watch. Dengan harga yang lebih terjangkau, gawai yang satu ini dapat menjadi pesaing kuat bagi Apple di industri wearable. Smartwatch yang merupakan hasil kerja sama dengan Huami ni mematok harga 799 yuan (sekitar Rp 1,58 juta) untuk setiap unitnya dan sudah dapat dibeli di TMall.com mulai hari ini (Rabu, 31 Agustus 2016).

Apakah nama unit smartwatch ini terdengar familiar? Memang, pada tahun 2015 lalu Xiaomi telah meluncurkan sebuah perangkat yang disebut Amazfit, sebuah fitness tracker yang berupa sebuah gelang. Sementara itu, Amazfit Watch—seperti namanya sendiri—berupa sebuah jam tangan.

Lalu, apa saja sih yang ditawarkan oleh unit smartwatch keluaran Xiaomi ini? Perangkat ini dilengkapi dengan bezel berbahan ceramic dan layar berukuran 1,34 inci. Jam ini juga telah mendapatkan predikat IP67, yang artinya Anda tidak perlu khawatir jam tangan ini akan rusak jika berdebu atau kebasahan. Di balik layar, jam ini dimotori oleh prosesor 1.2GHz dengan RAM 512MB dan kapasitas pemyimpanan 4GGB. Baterai smartwatch ini memiliki daya 200mAH yang diklaim bisa tahan selama 5 hari penuh hanya dengan satu kali charge saja. Namun, jika pengguna menggunakan fitur GPS maka ia hanya akan bisa bertahan maksimal 30 jam untuk sekali charge. Sementara itu, jika pengguna hanya menggunakan fitur pedometer maka baterainya akan bertahan hingga 11,6 hari. Xiaomi juga mengklaim bahwa Amazfit merupakan smartwatch pertama di dunia yang menggunakan sensor GPS 28nm.

Mengenai sistem operasi yang digunakan, Xiaomi menyatakan bahwa smartwatch ini hanya dapat bekerja pada ponsel Android yang sudah memiliki aplikasi MiFit. Xiaomi juga dikabarkan telah bekerja sama dengan Alibaba untuk mendukung fitur mobile payment.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID