Home  »  Opinion   »  
Opinion

Ini 5 Risiko yang Harus Kamu Tanggung untuk Jadi Selebgram

[Foto: kompasiana.com]
Kegemaran bermedia sosial, khususnya Instagram, kini tidak hanya memberikan peluang untuk menambah teman atau sekadar eksis. Dengan ketekunan yang baik, pengguna Instagram kini memiliki peluang yang cukup besar untuk menjadi selebritis di Instagram dengan pendapatan yang cukup fantastis. Para selebritis Instagram atau kerap disebut dengan selebgram merupakan pengguna Instagram yang memiliki tingkat popularitas dan pengaruh yang cukup tinggi di kalangan user Instagram.

Para selebgram ini tidak hanya berasal dari mereka yang memang memiliki basic di dunia keartisan atau public figure. Mereka yang berasal dari masyarakat biasa, kini juga memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi selebgram. Bahkan, tak cuma orang dewasa saja, anak-anak bahkan bayi sekalipun berpotensi menjadi selebgram yang memiliki ribuan followers di Instagram. Sebut saja Jonathan R. Sugianto, Awkarin, atau Ria Ricis yang bahkan sudah merambah layar lebar berkat kepopularitasannya di Instagram.

Meskipun memiliki banyak sekali keuntungan, sebagai selebgram, orang ternyata tidak lepas dari berbagai risiko yang harus ditanggung. Hal ini bisa dimaklumi mengingat semakin banyak dikenal orang, tentunya semakin banyak pula orang yang mengawasi setiap gerak-gerik kita. Nah, berikut ini adalah beberapa risiko yang harus ditanggung jika kamu menginginkan untuk jadi selebgram yang populer di jagat maya.

1. Dibully haters

Disadari atau tidak, tidak semua followers Instagram yang dimiliki oleh para selebgram sepenuhnya adalah fans atau likers. Sebagian dari mereka tidak menutup kemungkinan justru adalah haters, atau orang-orang yang tidak suka atau benci pada sosok selebgram tersebut. Menjadi seorang public figur mungkin memang menuntut seorang selebgram untuk selalu berperilaku ideal seperti yang diharapkan masyarakat. Tak heran jika kemudian ada hal-hal yang dianggap kurang ideal, mereka akan dengan sangat cepat dibully oleh para followersnya sendiri.


2. Jadi sasaran spam

Sebagai seorang pengguna Instagram yang memiliki ribuan atau bahkan jutaan followers, akun selebgram sangat rentan menjadi sasaran para spammers. Dari mulai spam bot yang disetting otomatis untuk mengucapkan komentar-komentar tertentu, atau komentar akun online shop yang dengan sangat tidak tahu diri buka lapak di post orang. Jika demikian, tidak mustahil jika akunmu akan dipenuhi notifikasi yang tidak berfaedah. Selebgram harus sabar-sabar aja membiarkan para pelapak ini menggelar dagangannya di sana atau dengan sabar memblokirnya satu per satu jika memang dianggap mengganggu.

3. Dicuri fotonya oleh pihak yang tidak bertanggung jawab

Instagram merupakan social media yang menekankan konten visual sebagai bahan utamanya. Maka, sebagai seorang selebgram, foto yang bagus dan berkualias menjadi syarat utama agar akunnya memiliki nilai tambah yang menarik minat orang untuk melakukan endorse atau sekadar menjadi followersnya. Nah, hasil foto yang bagus ini tak jarang menjadi sasaran kejahatan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. So, sebagai seorang selebgram, kamu juga harus memperhatikan berbagai konten visual yang kamu unggah, apakah konten tersebut berpotensi untuk merugikanmu atau tidak.

4. Dituntut selalu tampil sempurna

Sebagai seorang selebgram, kamu memiliki tuntutan lain untuk selalu tampil tanpa cela di hadapan ribuan followersmu. Hal itu menuntut kamu untuk selalu mengenakan baju terbaik saat memposting foto atau video, menggunakan aplikasi editing foto, hingga kamera-kamera canggih untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. Kamu akan sedikit terbatasi untuk berekspresi secara bebas seperti kalau kamu menggunakan Instagram seperti user pada umumnya. Sebagai seorang selebgram, jangan harap ada foto-foto random kegilaanmu dengan teman-teman, karena itu akan sangat berpengaruh terhadap feed yang muncul di Instagram followersmu!

5. Memiliki tanggung jawab yang lebih besar

Sebagai seorang selebgram, kamu berpotensi menjadi influencer untuk ribuan atau bahkan jutaan followersmu. Itulah kenapa apapun yang kamu lakukan kemungkinan besar akan mempengaruhi mereka. Di sini, sebagai selebgram, kamu dituntut untuk memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Perilakumu akan banyak dikontrol dan kamu akan lebih sering menerima kritik, bahkan dari orang yang tidak kamu kenal sama sekali.

Nah, setelah mengetahui berbagai risiko yang harus ditanggung oleh selebgram, masihkah kamu berkeinginan mengikuti jejak mereka?