Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Ini Cara Mendapatkan Banyak Followers di Instagram

Pernah merasakan kalau post yang kamu unggah tidak mendapatkan likes atau pengikut yang layak? Sudah berusaha mengunggah banyak konten menarik namun tidak kunjung merasakan manfaat dari Instagram? Mungkin strategi kamu kurang atau ada langkah yang tidak kamu lakukan.

Bila ini pertama kalinya kamu membuat Instagram maka ada baikknya mencoba beberapa strategi dan tips di bawah ini untuk mendapatkan banyak likes serta pengikut. Tapi kuncinya: Sabar yah!.

Tip 1: Gunakan Hashtag

[Sumber: later.com]
Jangan suka mengabaikan penggunaan hashtag (#) karena meta-tag ini berfungsi untuk mengelompokkan foto dalam kategori. Misalnya #love maka konten foto atau video Anda akan muncul di hashtag ini.

Tips untuk menggunakan hashtag, jangan gunakan kata-kata dengan pengguna yang banyak bahkan mencapai jutaan. Gunakan hahstag yang spesifik kalau perlu lakukan riset agar dapat menggunakannya secara berkala. Cari komunitas-komunitas tertentu yang memiliki banyak pengikut lalu gunakan hashtag mereka.

Tip 2: Sukai Banyak Foto Secara Random

[Sumber: mashable.com]
Instagram bukan cuman sekedar aplikasi saja melainkan komunitas. Bagaimana Anda bisa mendapatkan likes dan pengikut yang banyak bila tidak mengapresiasi pengguna lain? Berdasarkan riset, bila Anda aktif memberikan tanda suka kepada pengguna lain maka kemungkinan besar pula mendapatkan hal yang sama pula.

Baca Juga:  5 Trik Melejitkan Jumlah Follower Instagram dan Mempertahankannya

Tip 3: Caption Menarik


[Sumber: sproutsocial.com]
Walaupun memang Instagram menjunjung tinggi nilai visual namun caption juga jadi nilai penting. Banyak para influencer yang suka membagikan kisah-kisah inspiratif hingga banyak pengikut yang suka membaca kisah mereka. Tapi kadang caption yang panjang juga tidak terlalu bagus. Lebih baik keep it short and simple.

Tip 4: Posting Setiap Hari

Hal yang harus kamu perhatikan adalah wakib mengunggah konten setiap hari, minimal satu agar aktif dan banyak pengikut. Ini memengaruhi algoritma Instagram juga, bila konten diunggah secara kontinue maka jumlah pengikut akan bertambah pula.

Tip 5: Tentukan Waktu Ideal Posting

Biasakan posting dikala waktu sedang ramai pengguna aktif, misalnya antara pukul 12pm – 3pm dan after office hours. Jangan unggah foto disaat pengikut kamu tidak aktif, seperti lewat dari jam 1 pagi. Karena pada akhirnya sama saja buang-buang waktu dan tenaga.

Tip 6: Profile Original

Daya tarik untuk dari pengguna untuk mengikuti akun anda adalah originalitas dan itu bisa dilihat dari bio profil Anda. Jangan hanya sekedar meletakkan lulusan universitas mana atau pekerjaan apa. Tapi berikan deskripsi mengenai karakter Anda dalam tiga atau lima kalimat yang menarik.

Baca Juga:  Instagram Akan Berikan Opsi Untuk Mengelola Kolom Komentar Pada Setiap Postingan Anda

Tip 7: Endorsement

Setelah menggunakan cara-cara tradisional maka gak ada salahnya untuk mengeluarkan dana untuk menambah followers. Endorsement merupakan cara terbaik, apa lagi kalau kamu punya teman degan pengikut ribuan minta dia untuk merepost atau mempromosikan akun kamu.

Bila perlu, coba tanya akun-akun terkenal yang menyediakan jasa endorsement namun harganya terjangkau. Banyak beberapa akun yang hanya meminta pembayaran sebesar 50-100 K tapi yah inget, harga sebanding dengan hasil yah!

Tip 8: Instagram Ads

Coba pelajari fitur Instagram Ads, kamu hanya cukup modal 10.000 dan bsa mendapatkan banyak engagement. Walaupun tidak instan setidaknya kamu mendapatkan wawasan serta skills baru dibidang digital marketing.

Paling Penting: FILTER

Percaya gak percaya, filter atau tone warna pada foto memengaruhi algoritma Instagram. Karena banyak riset mengatakan gambar dengan tingkat exposure tinggi bisa mendapatkan banyak likes dan pengikut. Banyak banget aplikasi edit foto yang tersedia secara gratis, misalnya Vsco Cam.