Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Ini Cara Menjadikan iPhone Sebagai Personal Hotspot

Membutuhkan akses internet untuk laptop namun tidak ada jaringan WiFi atau ethernet yang tersedia secara gratis di dekatmu? Jangan khawatir! Bila kamu pengguna iOS maka dengan mudah bisa mengubah iPhone menjadi personal hotspot. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan.

Langkah 1: Nyalakan Fitur Personal Hotspot

Silahkan buka ‘Settings’ lalu pilih ‘Cellular’ dan klik ‘Personal Hotspot’. Geser untuk mengaktifkan fitur personal hotspot di Iphone kamu. Jika tidak melihat adanya opsi tersebut, harap hubungi tempat kamu membeli iPhone.

Langkah 2: Atur Kata Sandi

Agar mencegah orang lain menggunakan jaringan internet dari iPhone kamu harap masukkan kata sandi yang terletak di bawah kolom ‘Personal Hotspot’. Masukkan kata sandi yang kuat namun tidak rumit agar kamu mudah menghapalnya.

Langkah 3: Hubungkan Personal Hotspot dengan Koneksi WiFi

Sebenarnya terdapat tiga cara untuk menghubungkan jaringan internet dari iPhone ke Laptop, salah satunya melalui fitur WiFi di laptop kamu. Pastikan terlebih dahulu kamu telah mengaktifkan fitur personal hotspot di perangkat lalu silahkan lihat di perangkat laptop mengenai ketersedian jaringan WiFi.

Baca Juga:  Cara Daftar Go-Food (2019), Gratis dan Mudah

Akan muncul nama iPhone kita di daftar jaringan WiFi terdekat. Klik jaringan tersebut lalu masukkan kata sandi. Secara otomatis kamu akan terhubung langsung dengan internet.

Langkah 4: Hubungkan Personal Hotspot dengan Koneksi Bluetooth

Sama dengan langkah sebelumnya, pastikan telah mengaktifkan fitur personal hotspot dan bluetooth agar dapat terkoneksi dengan laptop kamu. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghubungkan jaringan internet, sebagai berikut.

Pertama, bila ingin mengoneksikan internet dengan iPad atau iPod touch, klik ‘Settings’ lalu ‘Bluetooth’. Klik nama iPhone yang menyediakan personal hotspot.


Kedua, jika ingin memasang internet di Mac dengan OS X, pilih menu Apple dan klik ‘System Preference’ lalu ‘Bluetooth’. Di samping perangkat yang menyediakan personal hotspot klik ‘Pair’ dan ikuti petunjuk selanjutnya untuk verifikasi persetujuan kamu.

Ketiga, jika menggunakan PC dengan Windows maka klik ikon bluetooth di area notifikasi, pilih Add a Blutooth Device dan selanjutnya ikuti perintah di layar.

Langkah 5: Hubungkan Personal Hotspot dengan USB

Baca Juga:  Inilah 6 Speaker dengan Kecerdasan Buatan yang Siap Meramaikan Pasar

Pastikan kamu telah memiliki versi terbaru iTunes di Mac atau PC Anda. Kemudian hubungkan iPhone atau iPad ke komputer dengan kabel USB yang disertakan dengan perangkat kamu. Jika Anda melihat peringatan yang mengatakan  “Trust This Computer?”  klik ‘Trust’.