Opinion

Ini Dia 10 Seleb Instagram Indonesia yang Paling Populer Saat Ini

[Foto: Annie Spratt | unsplash.com]
Seperti yang kita ketahui, perkembangan internet yang begitu pesat telah membuka jalan bagi semua orang (yang memiliki akses ke internet) untuk unjuk gigi dan menunjukkan karyanya pada dunia. Bahkan, sekarang ini muncul fenomena selebgram atau seleb Instagram. Orang-orang ini bukanlah artis dan bahkan tidak pernah nongol di layar kaca, namun popularitasnya di dunia maya tidak kalah dari artis-artis pada umumnya. Tentu saja, Indonesia tidak luput dari tren ini. Penasaran siapa saja selebgram Indonesia yang paling populer untuk saat ini? Mari kita simak liputannya.

toolkit04
[@toolkit04 | Instagram.com]
10. Dika | @toolkit04 | 526 ribu followers

Bagi Anda yang hobi gambar-gambar atau sekedar tertarik dengan seni rupa, pastinya sudah tidak asing lagi dengan Instagrammer yang satu ini. Dika, pemuda asal Medan yang ada di balik akun ini merupakan seorang seniman yang memang hobi menggambar sejak dia masih duduk di bangku SD. Beranjak dewasa, ia semakin rajin menggambar dan sering memposting sketsa-sketsa yang dibuatnya di Instagram. Lama kelamaan, gaya ilustrasinya yang apik ini menarik perhatian banyak orang.

Karyanya mulai dikenal di kancah internasional ketika dia memenangkan kontes desain yang diadakan oleh sebuah band rock asal Amerika Serikat, Linkin Park, pada tahun 2013 lalu. Hasil desainnya pun akhirnya dijual sebagai merchandise tur Linkin Park, baik secara online maupun offline. Sejak saat itulah popularitasnya semakin melambung.


rachelvennya
[@rachelvennya | Instagram.com]
9. Rachel Vennya | @rachelvennya | 608 ribu followers
Sebelum menjadi selebgram seperti sekarang ini, Rachel adalah seorang make up artist dan wirausahawan muda. Sebagai seorang make up artist, tentunya dia sering sharing foto-foto outfit of the day (OOTD) beserta selfienya yang full make up. Meskipun sering dikritik karena penampilannya yang terlalu dewasa untuk usianya, lama kelamaan semakin banyak juga orang yang follow dan meng-endorse barang kepadanya. Baru-baru ini, gadis kelahiran 1995 ini membuat netizen heboh karena tunangannya membelikan dia sebuah mobil Range Rover sebagai kado ulang tahunnya.


shireenz
[@shireeenz | Instagram.com]
8. Shirin Al Athrus | @shireeenz | 659 ribu followers

Berawal dari iseng-iseng posting foto OOTD di media sosial, kini gadis bernama lengkap Shirin Al Athrus ini berhasil meraup kesuksesan sebagai seorang model belia. Seperti yang terlihat pada foto-foto Instagramnya, kepiawaian gadis berusia 15 tahun ini dalam memadumadankan busananya membuat orang betah berlama-lama nongkrong di akunnya. Ia juga pernah mendapatkan tawaran photoshoot dari desainer baju muslimah ternama, Dian Pelangi. Sejak itu, dia banyak mendapatkan tawaran kerja dan undangan fashion show untuk hijabers. Kini, ia telah menerbitkan buku biografinya yang berjudul The Wonderful World of Shireeenz dan menjadi digital ambassador untuk sebuah brand skincare ternama.


devinaureel
[@devinaureel | Instagram.com]

7. Devina Aurel | @devinaureel | 705 ribu followers

Kalau sepintas melihat foto-fotonya, mungkin Anda akan mengira Instagrammer asal Malang ini meraih popularitas karena fashion maupun lifestylenya. Tapi jangan salah, Devina sebenarnya mulai populer karena selfie dan videonya yang kocak dan anti-jaim (jaga image). Selain itu juga, gadis yang memiliki logat Jawa yang kental ini tidak ragu menunjukkan ekspresi-ekspresinya yang konyol pada pengikutnya. Sekarang, ia cukup aktif di YouTube dan tengah sibuk berkolaborasi dengan sesama videogrammer untuk mempromosikan lagu dan video klip terbarunya.


dkadoor
[@d_kadoor | Instagram.com]
6. Kadir Bachmid | @d_kadoor | 846 ribu followers

Pria bernama lengkap Kadir Bachmid ini sukses membuat orang-orang ‘terpukau’ dengan video-video pendeknya yang lucu dan nggak mainstream. Pada setiap video-videonya, pria yang berprofesi sebagai henna artist ini sering sekali menirukan gaya wanita: mulai dari mengenakan kerudung, memakai lipstik berwarna merah terang, sampai mengenakan wig ala film Bollywood. Saking populernya, dia juga bahkan memiliki Fans Club sendiri, lho.


rezaoktovian
[@rezaoktovian | Instagram.com]

5. Reza Oktovian | @rezaoktovian | 906 ribu followers

Perjalanan karir pria kelahiran 1990 ini dimulai dari sebuah warnet di kawasan Jakarta. Sebagai seorang kasir warnet, tentunya dia memiliki banyak kenalan. Pada suatu ketika, seorang teman sekaligus pelanggan warnet bernama Edho (@edhozell) mengajaknya untuk membuat channel YouTube bernama Happy Holiday Indonesia. Sayangnya, channel tersebut hanya bertahan selama tiga tahun. Untuk membiayai hidupnya sebagai seorang perantau, ia pun membuat sebuah channel gaming sendiri yang terinspirasi oleh YouTuber gaming terkenal, PewDiePie. Lambat laun, channelnya pun mendulang banyak subscriber dan semakin banyak fans yang mengikuti akun dia.

Berkat kerja kerasnya, kini dia dapat mendirikan sebuah event organizer sendiri dan memilih untuk banting setir menjadi seorang rapper. Tidak sampai di sana, pria yang kerap disapa dengan nama “Arap” ini telah memiliki game-nya sendiri yang bernama Rapstronaut: Space Journey.


edhozell
[@edhozell | Instagram.com]
4. Edho [email protected]| 925 ribu followers

Terlahir dengan nama Edho Pratama, karir buzzer yang satu ini juga dimulai dari YouTube. Awalnya, dia tertarik untuk membuat channel YouTube sendiri setelah melihat video lipsync Sinta dan Jojo yang sempat ngehits itu. Dia pun mulai posting video parodi, sketsa komedi, gaming, pranks, dan vlog pribadinya di channel YouTube nya. Setelah memiliki fanbase yang kuat, ia pun mulai aktif di komunitas indovidgram dan memposting cuplikan-cuplikan videonya di Instagram. Akhir-akhir ini, ia juga telah memanfaatkan popularitasnya untuk kegiatan sosial seperti penggalangan dana yang akan disumbangkan pada anak-anak panti asuhan.


chandraliow
[@chandraliow | Instagram.com]
3. Chandra Liow | @chandraliow | 1 juta followers

Chandra Liow memulai karirnya sebagai seorang director dan content creator dari channel YouTube-nya, Tim2oneChandraLiow. Di channelnya ini, dia rajin posting video-video parodi, komedi, maupun vlog. Pria berdarah Cina-Manado ini juga merupakan pionir indovidgram atau komunitas video Instagram di Indonesia yang kini sudah memiliki followers sebanyak 2,8 juta orang! Karena sepak terjangnya sebagai seorang content creator, ia juga pernah diundang sebagai pembicara pada acara Asia Pacific Media Forum (APMF) yang dihadiri oleh media se-Asia Pasifik. Tidak berhenti sampai di situ, pria yang akrab dipanggil Koh Chan ini juga pernah bermain di film “Single” bersama Raditya Dika.


awkarin
[@awkarin | Instagram.com]
2. Karin Novilda | @awkarin | 1,1 juta followers

Siapa sih awkarin? Pasti banyak di antara Anda yang menanyakan hal tersebut. Bagi yang aktif di Instagram, pastinya Anda cukup akrab dengan gadis yang bernama Karin Novilda ini. Yap, ia merupakan sosok Instagrammer yang kontroversial dan kerap kali dikritik karena sering mengumbar kemesraan dengan pacarnya di medsos, mengenakan pakaian ‘seksi,’ dan memposting foto-foto dengan pose yang ‘berani.’ Belakangan ini, namanya kembali hangat diperbincangkan oleh netizen karena vlog curhatannya ketika baru diputusin oleh pacarnya, Gaga Muhammad. Berkat popularitasnya, Karin mengaku bahwa ia bisa mendapatkan penghasilan sampai dengan Rp 70 juta hanya dalam waktu satu bulan. Penghasilannya ini biasanya didapatkan dari endorse, paid promote, atau monetisasi vlog di YouTube-nya.

Di luar semua kontroversinya, kini Karin mencoba untuk terjun ke dunia musik dan berkolaborasi dengan seorang rapper muda bernama Young Lex dalam single terbarunya “Bad.” Dalam lagu tersebut, Karin menyindir semua haters-nya dan menegaskan bahwa dia tidak peduli dengan apapun yang dikatakan orang-orang kepadanya.


riaricis
[@riaricis1795 | Instagram.com]
1. Ria Yunita | @riaricis1795 | 5,1 juta followers

Gadis berhijab bernama lengkap Ria Yunita ini berhasil merebut hati jutaan pengikutnya dengan cara memposting meme dan video-video komedi di akun Instagramnya. Dengan pembawaannya yang ceria dan energik ini, ia selalu punya cara untuk mengubah hal-hal kecil yang terjadi di kehidupan sehari-hari anak muda sekarang menjadi sesuatu yang lucu dan menghibur. Tidak hanya itu saja, dia juga kerap kali mengunggah video lipsync-nya yang kocak dan ekspresif. Di luar kesibukannya sebagai seorang selebgram, Ria juga merupakan seorang wirausahawan yang memiliki sebuah online shop bernama @ricisstyle.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID