Tips & Guide

2 Cara Mudah Menonaktifkan Kolom Komentar Instagram

Banyak orang yang punya keinginan untuk menjadi selebriti Instagram, atau istilah umumnya selebgram. Namun tidak sedikit pula yang belakangan kagok ketika akun Instagramnya populer -seperti selebgram Indonesia ini. Tidak hanya pujian, banyak juga komentar-komentar sadis bertebaran. Bisa jadi mungkin komentar-komentar sadisnya malah lebih banyak dari pada komentar positifnya. Bagia yang tidak tahan atau gerah dengan situasi ini, ataupun mungkin sekadar ingin mendinginkan suasana, kadangkala opsi mematikan kolom komentar di Instagram menjadi pilihan. Bisakah kolom komentar ini dimatikan? Jawabannya, bisa! Simak uraiannya berikut ini.

Pada bulan Desember 2016 lalu, Instagram telah meluncurkan sebuah fitur baru untuk mematikan kolom komentar pada platformnya. Fitur ini diluncurkan untuk mewujudkan komunitas Instagram yang lebih aman dan nyaman bagi penggunanya. Lebih tepatnya, fitur ini merupakan usaha Instagram untuk menghindari dan mengurangi terjadinya cyber-bullying pada platform ini. Ada dua cara yang mudah untuk menonaktifkan komentar pada Instagram Anda. Pengguna dapat memilih untuk mematikannya sebelum posting gambar atau video, atau menonaktifkannya setelah mereka posting di Instagram–kalau-kalau ternyata banyak komentar yang negatif dan tidak diinginkan pada postingan tersebut. Ini dia langkah-langkahnya:


Menonaktifkan sebelum mengirimkan konten Instagram.

  1. Jalankan aplikasi Instagram Anda, kemudian log in dengan akun Anda.
  2. Buat postingan baru, tambahkan filter atau edit sesuka hati Anda, kemudian pilih Next jika sudah beres.
  3. Sebelum menekan tombol Share, ketuk tombol Advanced Settingyang ada di bagian bawah.
  4. Pada menu pengaturan tersebut, nyalakan opsi Turn Off Commenting untuk menonaktifkan komentar pada postingan tersebut.
  5. Tekan Share jika sudah selesai.
  6. Selesai. Postingan Anda pun tidak akan dilengkapi dengan kolom komentar.

Menonaktifkan komentar pada konten yang sudah ada.

  1. Jalankan aplikasi Instagram Anda, kemudian log in dengan akun Anda.
  2. Pilih postingan atau konten mana yang ingin Anda matikan kolom komentarnya.
  3. Setelah menemukan konten yang dimaksud, pilih tombol menu “…” yang ada di bagian atas foto atau postingan yang dimaksud.
  4. Pilih opsi Turn Off Commenting pada popup menu yang muncul.
  5. Selesai. Kolom komentar pada postingan tersebut telah dinonaktifkan.
  6. Jika Anda berubah pikiran, Anda bisa mengaktifkannya kembali, dengan mengulang hal yang sama. Namun, pada poin 4 Anda harus memilih opsi Turn On CommentingKomentar yang sudah ada sebelumnya tidak akan terhapus dan akan ditampilkan kembali. Oleh karena itu, jika Anda ingin komentar-komentar tertentu benar-benar hilang, Anda bisa menghapusnya satu persatu secara manual.