Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Ini Dia 3 Aplikasi Jual Beli Barang Bekas Terbaik yang Patut Dicoba

[Foto: thefuntimesguide.com]
Punya barang yang sudah tidak terpakai? Daripada dibuang begitu saja, sebaiknya jual saja barang-barang tersebut secara online. Lagipula, barang bekas milik kita bisa saja jadi ‘harta karun’ bagi orang lain. Lumayan juga, bukan, kalau kita bisa menghasilkan uang dari barang-barang bekas kita? Lalu, aplikasi apa sih yang bisa digunakan untuk menjual barang bekas kita? Berikut ini aplikasi-aplikasi pilihan saya:

Prelo (Gratis / Android dan iOS).

Prelo secara spesifik menyebutkan bahwa aplikasi tersebut merupakan wadah untuk “jual beli barang bekas berkualitas.” Setiap barang jualan yang diupload ke dalam aplikasi tersebut akan dikurasi oleh admin sebelum diposting untuk memastikan kualitas benda tersebut. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur rekber alias rekening bersama dan juga garansi tiga hari untuk memberikan keamanan dan kenyamanan pada saat Anda bertransaksi. Selain itu juga, terdapat fitur untuk menawar harga barang dan ‘menyundul’ barang dagangan Anda secara gratis. Berhubung memang khusus untuk menjual barang bekas, Anda bisa dengan mudah menemukan barang bekas di berbagai macam kategori, mulai dari fashion wanita hingga barang antik.


Setiap pengguna aplikasi Prelo yang baru bisa mendapatkan cashback sebesar Rp 25ribu berupa saldo Prelo dengan memasukkan kode referral ini: “techniclrjuv“. Perlu dicatat, kode voucher ini hanya bisa digunakan sekali oleh setiap pengguna Prello dan cashback hanya diberikan setelah Anda berhasil melakukan sebuah transaksi di aplikasi Prelo. Saldo Prelo tersebut bisa juga Anda gunakan untuk bertransaksi.

Shopee (Gratis / Android dan iOS).

Selain bisa jual beli barang baru, Shopee juga memiliki opsi untuk menjual barang bekas. Karena memang bukan spesialisasinya, stok barang bekasnya memang belum selengkap di aplikasi tetangga. Untuk mencari barang bekas, cukup masukkan keyword barang yang Anda inginkan pada kolom search, kemudian pilih opsi untuk memfilter hasil pencarian agar hanya menunjukkan barang bekas. Beberapa fitur yang ada pada aplikasi ini adalah rekber, garansi barang, dan juga fitur untuk menawar harga.

Salah satu keunggulan dari Shopee adalah promo gratis ongkir. Pada saat artikel ini dipublikasikan, Shopee akan memberikan subsidi ongkir maks. Rp 30 ribu untuk setiap nominal pembelian di atas Rp 120 ribu.

Tokopedia (Gratis / Android dan iOS).

Aplikasi jual beli yang satu ini juga memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin menjual barang bekas. Tidak ada garansi dari aplikasi ini tapi Anda bisa mengajukan komplain jika barang tidak sesuai harapan dan mendiskusikan jalan tengah/solusinya dengan pedagang/pembeli. Sayangnya, aplikasi ini tidak dilengkapi dengan fitur untuk menawar harga. Tapi, dari segi metode pembayaran, aplikasi ini juaranya. Anda bisa membayar melalui bank transfer, e-banking, gerai minimarket/supermarket, maupun credit card.