Tips & Guide

Ini Dia 3 Keyboard Shortcut untuk Mematikan atau Hibernasi PC Windows Anda

[Gambar: Screenshoot Windows 10]
Mayoritas pengguna pasti akan mematikan PC-nya setidaknya sekali dalam sehari. Meskipun proses mematikan (shut down) dan menyalakan ulang (restart) PC Windows memang tidak begitu ribet dan relatif mudah dilakukan, masih banyak pengguna yang lebih suka menggunakan hotkey alias keyboard shortcut untuk melakukan proses shut down, restart, sleep, atau hibernate pada PC Windows mereka. Pada artikel ini, saya akan mengulas cara-cara untuk melakukan proses yang telah disebutkan di atas dengan mudah menggunakan keyboard shortcut.

Metode 1 – Menggunakan hotkey Windows logo + X -> U -> U

Shortcut yang satu ini memanfaatkan opsi Power pada menu power user yang muncul ketika Anda memencet tombol Windows logo + X . Berikut ini cara menggunakan shortcut Windows logo + X -> U -> U untuk mematikan Windows 10.

Langkah 1: Tekan tombol logo Windows dan huruf I pada keyboard untuk melihat menu power user.

Langkah 2: Saat menu power user terbuka, tekan huruf U pada keyboard untuk melihat opsi sign out, shut down, restart, sleep, dan hibernate.

Langkah 3: Sekali lagi, tekan huruf U pada keyboard untuk mematikan PC Windows 10 Anda.

Baca Juga:  Cara Mengubah Display Language pada Windows 7

Jika Anda ingin me-restart PC Windows Anda, tekan huruf R pada keyboard alih-alih huruf U. Jika ingin melakukan hibernate, tekan H. Sementara itu, untuk mengaktifkan sleep mode pada PC Anda, cukup tekan huruf S.

Metode 2Menggunakan hotkey Alt + F4

Jika Anda tidak ingin menggunakan keyboard shortcut yang disebutkan di atas untuk melakukan shut down, restart, atau hibernate pada Windows 10 Anda, Anda dapat menggunakan hotkey Alt + F4 untuk melakukan shutdown / restart / sleep. Berikut adalah cara penggunaannya.

Langkah 1: Tutup semua program yang sedang dibuka jika Anda ingin mematikan atau me-restart PC Windows 10 Anda. Jika Anda ingin mengaktifkan sleep mode atau hibernation pada PC Windows 10  Anda, tekan tombol logo Windows dan huruf M untuk me-minimize semua program yang sedang berjalan.

Langkah 2: Selanjutnya, tekan tombol Alt dan F4 secara bersamaan untuk membuka kotak dialog shut down. Harap diingat, pada beberapa PC Anda mungkin harus menekan tombol Alt, Fn, dan F4 untuk melihat dialog shut down tersebut.

Baca Juga:  Google Hadirkan Fitur Baru untuk Mencari Pekerjaan pada Platformnya

Langkah 3: Jika Anda melihat kotak dialog Shut Down, tekan tombol Enter untuk mematikan Windows 10. Untuk me-restart, hibernate atau sleep, gunakan tombol panah ke atas atau ke bawah untuk memilih opsi yang diinginkan. Kemudian, tekan tombol Enter. 

Metode 3

Berhubung ada tombol power pada Start Menu, kita bisa menggunakannya untuk me-restart, shut down, hibernate atau mengaktifkan sleep mode.

Langkah 1: Tekan tombol logo Windows pada keyboard untuk membuka Start menu.

Langkah 2: Tekan tombol panah atas sebanyak dua kali untuk menavigasi ke opsi Power. Tekan tombol Enter untuk melihat pilihan sleep, hibernate, shut down dan restart.

Langkah 3: Sekali lagi, pilih opsi yang Anda inginkan dengan tombol panah ke atas dan ke bawah, kemudian tekan tombol Enter.