Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Ini Dia 4 Aplikasi Android Launcher Terbaik yang Bisa Anda Coba

[Gambar: theandroidlabs.blogspot.com]
Bosan dengan tampilan smartphone Android Anda? Mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk menggunakan Android launcher untuk ‘menyegarkan’ penampilan smartphone Anda. Bagi yang sudah pernah menggunakan Android launcher, tidak ada salahnya mencoba aplikasi-aplikasi launcher yang baru. Berikut ini 5 aplikasi Android launcher terbaik yang bisa Anda coba.

GO Launcher (Gratis)

Ini merupakan salah satu aplikasi Android launcher terpopuler dengan jumlah pengguna yang mencapai 200 juta pengguna di seluruh dunia. Aplikasi ini menawarkan fitur Smart apps Management yang dapat meningkatkan performa smartphone Anda dengan cara membersihkan aktivitas-aktivitas di balik layar yang tidak diperlukan. Anda juga bisa mengunci dan menyembunyikan aplikasi dengan fitur ini. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki Theme Store yang dijejali oleh lebih dari 10 ribu tema yang bisa dipilih dan dikustomisasi. Tidak ketinggalan, aplikasi ini juga dilengkapi dengan pilihan widget dan transisi layar yang menarik.


Nova Launcher (Gratis)

Merasa familiar dengan nama yang satu ini? Ya, Nova Launcher ini memang merupakan pemain lama di bidangnya. Aplikasi ini memberikan akses penuh bagi Anda untuk mengubah ikon, gambar latar, layout, animasi, dan sebagainya. Bagi yang menyukai Material Design, aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Terdapat ribuan tema Nova Launcher juga yang bisa Anda pilih di Google Play Store. Dari segi performa, Nova Launcher ini berjalan dengan mulus dan ringan, sehingga tidak membuat Android Anda menjadi lemot.

LINE Launcher (Gratis)

Sebelum menjadi LINE Launcher, aplikasi ini dulu lebih dikenal dengan nama Dodol Launcher. Dilihat dari desainnya, nampaknya LINE Launcher ini lebih ditujukan untuk anak-anak muda. Namun tentu saja aplikasi ini bisa jadi pilihan untuk Anda yang berjiwa muda. Aplikasi ini menawarkan ribuan tema, wallpaper, icon pack, widget, hingga stiker-stiker dengan desain menarik untuk menghiasi Home Screen Anda. Tentu saja, Anda bisa menemukan berbagai desain dengan maskot LINE seperti Brown dan Cony.

Smart Launcher 3 (Gratis)

Smart Launcher 3 mengklaim bahwa mereka tidak sama dengan launcher lain yang sudah ada. Dari segi desain, mereka menawarkan desain yang relatif sederhana dan minimalis, namun tetap efektif. Aplikasi ini memiliki fitur smart dial yang memungkinkan Anda untuk mengakses aplikasi yang sering digunakan dengan cepat. Ada juga fitur smart drawer untuk mengelompokkan aplikasi-aplikasi yang berada pada sebuah kategori tertentu. Tidak hanya itu, tersedia segudang tema, fitur keamanan (seperti mengunci aplikasi dengan kata sandi), dan plugin. Selain itu juga, aplikasi ini tidak memakan banyak RAM dan hemat baterai ketika digunakan.