Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Ini Dia 5 Aplikasi Dompet Virtual Terbaik di Indonesia

[Gambar: thrillworks.com]
Seiring dengan meningkatnya kemudahan untuk mengakses internet, kini hampir semua aktivitas sehari-hari juga tidak lepas dari yang namanya smartphone. Bahkan, hal mendasar seperti uang tunai lambat laun dapat digantikan dengan uang virtual. Bisanya, uang virtual ini akan disimpan pada sebuah dompet virtual yang bisa digunakan untuk bertranksaksi di dunia nyata. Pada artikel ini, saya akan mengulas 5 aplikasi dompet virtual pilihan yang bisa Anda gunakan di Indonesia.

GO-JEK (Go-Pay) (Gratis. Android & iOS)

Meskipun pada dasarnya aplikasi ini bukanlah aplikasi virtual wallet, namun fitur Go-Pay pada aplikasi Go-Jek merupakan salah satu contoh dompet virtual yang paling populer dan sukses di Indonesia. Pendekatannya sendiri lebih mengutamakan layanan yang diberikan (Go-Jek, Go-Food, Go-Life, dll.) yang kemudian diselipi oleh fitur dompet virtual. Mayoritas pengguna Go-Pay merasa lebih nyaman menggunakan dompet virtual yang satu ini karena ia merangkum begitu banyak layanan dalam satu tempat, sehingga akan membuat pelanggan terus kembali menggunakan dompet virtual yang satu ini. Yang utamanya, pengguna juga diberikan kemudahan untuk top up saldo Go-Pay dengan menggunakan berbagai metode: mulai dari metode M-Banking hingga isi saldo langsung melalui driver Go-Jek.

T-Cash (Gratis. Android & iOS)

T-Cash merupakan layanan dompet virtual yang diluncurkan oleh Telkomsel bagi pengguna nomor KartuHalo, Simpati, dan Kartu AS. Layanan ini dapat digunakan untuk berbagai transaksi seperti membayar tagihan, membayar merchant, isi pulsa, dan mengirim dana. Salah satu fitur yang menarik adalah membayar sambil ngeTAP dengan menggunakan smartphone Anda. Caranya, Anda harus mendapatkan stiker T-Cash TAP di GraPARI dan merchant terdaftar. Anda juga bisa langsung download aplikasi T Wallet untuk pengguna ponsel Android dengan fitur NFC. Salah satu daya tarik dari dompet virtual ini adalah banyaknya promo atau diskon khusus yang diberikan oleh merchant-merchant tersebut bagi pengguna T-Cash.


Sakuku (Gratis. Android & iOS)

Aplikasi yang satu ini dikeluarkan oleh salah satu Bank terbesar di Indonesia, Bank Central Asia (BCA). Namun, yang bukan nasabah BCA juga tetap bisa menggunakan layanan ini. Hanya saja, Anda harus mengunjungi cabang BCA terdekat sambil membawa KTP untuk bisa mengaktifkan layanan ini. Untuk pengisian saldo sendiri bisa digunakan melalui ATM BCA, Klik BCA Individu, atau m-BCA. Sakuku juga menawarkan fitur bayar belanja pada merchant partner menggunakan pemindaian QR Code, isi pulsa, transfer dana ke sesama pengguna Sakuku, berbagi tagihan dengan teman, serta tarik tunai di ATM BCA tanpa kartu. Meskipun produk perbankan, tapi sama sekali tidak ada biaya bulanan untuk menggunakan layanan ini.

DOKU (Gratis, Android)

Dompet virtual yang satu ini bisa digunakan untuk bertransaksi secara online maupun offline pada merchant-merchant yang telah bergabung dengan layanan DOKU. Pembayaran tagihan listrik, air, BPJS, dan tagihan bulanan lainnya juga bisa dilakukan secara daring melalui layanan DOKU. Ada juga fitur Pay By QR yang memungkinkan Anda untuk membayar pada merchant offline dengan memindai QR code pada smartphone kita. Selain itu juga, dengan aplikasi ini Anda bisa menerima dan melakukan transfer dana pada sesama pengguna DOKU. Untuk menggunakan layanan ini, Anda tidak perlu menjadi nasabah pada bank tertentu karena proses isi ulang saldo nya pun bisa dengan mudah dilakukan melalui seluruh jaringan ATM Bersama, Alto, Prima, atau gerai yang telah bekerja sama dengan DOKU.

Mandiri E-Cash (Gratis. Android, iOS, BlackBerry, & Windows Phone)

Layanan yang diluncurkan oleh Bank Mandiri ini bisa digunakan bagi nasabah maupun non-nasabah Bank Mandiri. Seperti dompet virtual pada umumnya, Mandiri E-Cash dapat digunakan untuk beli pulsa, beli token PLN, belanja online, bayar toko, transfer, dan tarik tunai ATM tanpa menggunakan kartu. Aplikasi LINE Messenger juga telah bekerja sama dengan Mandiri untuk menyajikan layanan LINE Pay di Indonesia. Dari segi kompatibilitas, aplikasi ini adalah yang paling lengkap dan bisa digunakan di hampir semua jenis ponsel: Android, iOS, BlackBerry, hingga Windows Phone.