Home  »  Review   »  
Review

Ini Dia 5 Fitur Anyar dari Blackberry Messenger

[Foto: vr-zone.net]
Blackberry Messenger (BBM) tampaknya tidak ingin kalah saing dari aplikasi chatting lainnya. Mereka terus menghadirkan fitur anyar dalam setiap update-nya. Tujuannya tak lain adalah supaya penggunanya betah menggunakan layanan BBM dan tidak berpaling ke aplikasi chatting lain.

Versi terbaru dari BBM diklaim lebih canggih dan menyertakan tampilan baru di iOS maupun Android. Berikut adalah 5 fitur anyar dari BBM, sebagaimana dilansir dari blog BBM.

Terlihat Lebih Efisien

Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, versi terbaru dilengkapi berbagai pengembangan seperti:

-Ikon terbaru untuk Chats, Contacts, Feeds, Contacts dan Discover untuk menyederhanakan menu navigasi utama;
-Ikon Discover muncul pada menu navigasi utama;
-BBM Channels dipindahkan dari navigasi utama ke layar BBM Discover;
-Foto profil pengguna, PIN, dan informasi lain pada pengaturan terdapat dalam menu ‘Me’;
-Menonaktifkan suara percakapan cukup dengan menggeser item dalam daftar chat ke kiri;
-Permintaan pertemanan muncul pada tab Contacts;
-Notifikasi group chat mencantumkan nama anggota grup dan nama grup.

Matthew Talbot, CEO BBM mengatakan bahwa pengguna iOS dan Android bisa melihat gabungan tampilan grup dan chat beberapa orang. Termasuk juga menu Discover baru pada format daftar sebagai ganti format grid pada ikon. Menurutnya, layout yang baru akan memudahkan pengguna melihat layanan baru, sebagaimana yang sudah dimasukkan ke dalam daftar.

Khusus pengguna Android, foto profil yang di-update nantinya akan muncul dalam bentuk full image untuk di Feeds, sehingga orang-orang dapat melihat gambar tanpa perlu memperbesarnya.


Chatbot API

Kemampuan baru ini dibangun pada fitur channel chat. Sebelumnya, pengguna bisa mengobrol dengan pemilik tapi hanya melalui telepon. Kini, program pengganti manusia atau chatbot menjawab pertanyaan dalam chat.

Saat orang-orang berlangganan pada satu channel tertentu, mereka akan melihat perwakilannya, seperti screenshot di sini. Ini adalah yang pertama dari serangkaian inisiatif API yang direncanakan untuk ditambahkan. Jadi, masih akan ada update dari fitur chatbot ke depannya.

Analitik untuk Mitra

BBM mengintegrasi metode pengukuran (metriks) yang sudah ditingkatkan melalui Google Analytics. Hal ini memungkinkan para pengguna dan mitra BBM bisa memperluas pengukuran engagement. Para mitra bisa dengan mudah melacak dan melihat traffic mereka, termasuk jumlah unique users, returning users, berapa lama orang menggunakan aplikasi mereka, dan lain sebagainya.

Pelaporan Spam

Kini, pengguna bisa melaporkan permintaan pertemanan yang tidak diinginkan sebagai spam di BBM. “Kami menerima laporan dari beberapa pengguna bahwa mereka mendapatkan permintaan pertemanan yang tidak diinginkan di aplikasi BBM mereka. Kini, ada cara mudah untuk melaporkan hal tersebut,” ungkap Mathew.

Menambahkan Nomor Telepon

Juli lalu, BBM menambahkan fitur registrasi nomor telepon yang memungkinkan pengguna mendaftarkan akun BBM baru hanya dengan menggunakan nomor telepon sebagai pengganti alamat email sebagai kontak utamanya. Kini, BBM sudah mengembangkan hal tersebut. Sehingga pengguna BBM bisa menambahkan nomor telepon ke profil mereka.

Dengan menambahkan nomor telepon, berarti meningkatkan keamanan dan mempercepat proses untuk membuat ulang password yang dilupakan. Hal ini juga membuat pengguna lebih mudah untuk mencari teman. Jika pengguna menambahkan nomor telepon ke profil, mereka akan tetap bisa masuk menggunakan email atau nomor telepon sendiri.

Menurut Matthew, semua fitur baru ini melengkapi banyak fitur lain yang sudah diluncurkan dalam beberapa tahun belakangan. “Ini sebagai upaya kami membuat BBM menjadi pusat kehidupan digital pengguna. Dan kami punya lebih banyak lagi yang masih dalam proses pengerjaan,” tutup Matthew.

Jadi, pastikan aplikasi BBM Anda sudah di-update melalui Google Play atau App Store.