Home  »  News   »  
News

Ini Dia Aplikasi Email Gratis Terbaik untuk Perangkat iOS

[Foto: imore.com]
Surat elektronik (surel) merupakan salah satu metode komunikasi yang rutin digunakan pada keseharian kita, baik itu untuk urusan personal maupun kerja. Jika kita tidak pandai-pandai memilih aplikasi surel yang bisa mengatur surel yang keluar dan masuk ke dalam inbox, bisa-bisa layanan ini malah akan menghambat produktivitas Anda. Untungnya, banyak aplikasi yang tersedia yang bisa membantu Anda untuk mengurus semua surel yang Anda miliki. Bagi Anda pengguna perangkat iOS, tentu Anda sudah familiar dengan aplikasi Mail bawaan iOS. Meskipun layanan yang ditawarkan sudah relatif baik, namun ia tetap bukanlah aplikasi surel terbaik di kelasnya. Berikut ini pilihan aplikasi surel pihak ketiga untuk perangkat iOS yang bisa Anda coba.

Microsoft Outlook (Gratis)

Mungkin sedikit mengejutkan melihat aplikasi buatan Microsoft berada di urutan teratas pada daftar ini. Tapi faktanya, Microsoft Outlook merupakan salah satu aplikasi surel terbaik bagi perangkat iOS. Fitur utama pada aplikasi ini adalah Focused Inbox, di mana aplikasi tersebut hanya menampilkan surel yang paling  penting untuk Anda, alih-alih menunjukkan Anda semua surel yang didapatkan. Biasanya, surel yang ditampilkan adalah surel dari kontak yang paling sering berinteraksi dengan Anda. Tentu saja, Anda masih bisa melihat surel lainnya pada tab Other, yang isinya surel-surel yang dianggap kurang penting. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengecek jadwal Anda di kalendar, menambahkan akun Gmail atau iCloud Anda, dan diintegrasikan pada Apple Watch.


Gmail (Gratis)

Jika selain perangkat iOS, Anda juga memiliki perangkat Android, maka kemungkinan besar Anda memiliki sebuah akun Gmail. Untuk itu, aplikasi ini merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Gmail juga memiliki fitur multiple account yang memungkinkan Anda untuk mengatur banyak akun (termasuk akun non-Gmail) pada satu aplikasi. Selain itu, Gmail ini terintegrasi dengan seluruh layanan Google. Anda bisa menyunting sebuah dokumen secara langsung pada Google Docs, melampirkan data yang didapatkan dari Google Drive Anda, atau mengatur jadwal di Google Calendar Anda.

Spark (Gratis)

Aplikasi ini menghadirkan Inbox yang sudah secara otomatis dikelompokkan berdasarkan kategorinya masing, misalnya: Personal, Notifications, Newsletters, dan lain-lain. Secara keseluruhan, Spark juga memiliki fitur yang praktis dan enak digunakan, seperti: one-tap replies (untuk membalas surel dengan cepat menggunakan tombol “Like” atau “Thanks“) atau swiping gesture (termasuk opsi untuk mengatur snooze pada surel.  Aplikasi ini juga mendukung layanan cloud dan memungknkan penggunanya untuk melampirkan data dari Google Drive, Dropbox, Box, dan OneDrive. Sama seperti Outlook, aplikasi ini pun bisa digunakan pada Apple Watch.

Inky (Gratis)

Inky merupakan sebuah aplikasi surel yang menawarkan fitur end-to-end encryption untuk surel pada iPhone/iPad Anda. Bagi Anda yang mengutamakan keamanan dan privasi dalam mengirimkan/menerima surel, ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Jadi, jika Anda membuat pesan yang kemudian dikirimkan pada orang yang tidak memiliki Inky, maka penerima tautan tersebut hanya bisa melihat surel itu setelah mereka mengidentifikasi identitas mereka. Jadi, hanya penerima yang dituju yang bisa membaca surel tersebut, karena surel tersebut akan didekripsi pada perangkat mereka. Selain itu, Inky juga mendukung AES-256 encryption dan hanya Anda yang bisa mengakses kunci pribadi Anda.