Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Ini Dia Cara Menghapus Recent Folders, File, dan Favorites dari Home Windows 10 Anda

[Gambar: icons]8.com]
Sebagai penerus dari Windows 8.1, Windows 10 dilengkapi dengan beragam fitur baru. Salah satunya adalah ketika Anda mengklik ikon File Explorer pada taskbar atau ketika Anda menggunakan keyboard shortcut Windows + E, maka Windows 10 secara otomatis akan membuka folder Home dan bukan Libraries atau This PC (Computer). Secara default, folder Home ini akan menampilkan Favorites, Frequent folders dan Recent files. Bagian Favorites mencakup semua lokasi yang muncul pada Favorites yang ada di kiri panel navigas. Sementara itu data maupun folder yang baru-baru ini diakses akan muncul pada bagian Frequent folders dan Recent files.

Berhubung folder Home akan langsung terbuka jika Anda mengklik ikon File Explorer, maka ini akan berguna bagi pengguna untuk bisa dengan mudah mengakses data maupun folder yang baru-baru ini dibuka. Meskipun begitu, ada juga pengguna yang tidak ingin Windows menunjukkan data maupun folder yang baru-baru ini dibuka dengan alasan privasi. Sebenarnya, pengguna bisa saja menghentikan agar Windows tidak menunjukkan data dan folder yang baru diakses pada Home. Caranya cukup dengan membuka Taskbar and Start Menu Properties lalu menonaktifkan opsi yang berjudul “Store and display recently opened items in the Start menu and the taskbar” yang ada di bawah tab Start Menu. Namun, ini artinya Windows akan benar-benar berhenti menunjukkan recent files di Start menu dan taskbar. Jadi, Anda benar-benar tidak akan disajikan info mengeai dat dan folder yang baru diakses di taskbar maupun Start menu.


Misalnya, jika Anda mengikuti metode di atas, maka Microsoft Word tidak akan menampilkan file terbaru saat Anda mengklik atau memilih Microsoft Word pada Start Menu.

Bagi Anda yang ingin menghapus Frequent folder dan Recent Files tanpa menghentikan Windows untuk menampilkan file terbaru atau yang baru diakses pada Start menu dan Taskbar, Anda perlu menghapus dua entri dari Registry. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk menghapus folder Favorites, Frequent Folder, dan Recent Files, atau salah satu dari mereka pada folder Home di Windows 10.

Cara menghapus recent files, folders dan favorites

Pentin untuk diingat, sebelum melakukan metode ini, sangat disarankan untuk membuat manual restore point  atau backup Registry agar Anda bisa mengembalikan fitur-fitur tersebut ketika diperlukan.

Langkah 1: Di kotak pencarian pada Start Menu atau kotak Run, ketik Regedit.exe lalu tekan tombol Enter. Klik tombol Yes ketika Anda melihat kotak dialog UAC.

Langkah 2: Setelah Registry Editor dijalankan, navigasikan ke key berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\HomeFolder\NameSpace\DelegateFolders

Langkah 3: Di bawah DelegateFolders, Anda akan melihat tiga entri:

3936E9E4-D92C-4EEE-A85A-BC16D5EA0819

4564b25e-30cd-4787-82ba-39e73a750b14

D34a6ca6-62c2-4c34-8a7c-14709c1ad938

Klik pada masing-masing entri untuk melihat kegunaannya. Hapus key pertama untuk menghapus Frequent Folders. Lanjutkan ke entri kedua untuk menghapus Recent Files, lalu hapus entri yang terakhir untuk menghapus Favorites dari folder Home di Windows 10.