Home  »  News   »  
News

Ini Dia “Kuri”, Si Robot Rumahan Yang Menggemaskan

[Foto: techcrunch.com]
Bermimpi ingin memiliki robot sebagai asisten rumah tangga sendiri? Sebentar lagi impian Anda bisa jadi kenyataan. Mayfield Robotics, startup yang dimiliki dan didanai oleh Bosch, kabarnya akan meluncurkan sebuah robot rumah bernama Kuri. Sama seperti Amazon Echo dan Google Home, Kuri hanya bisa merespon perintah suara saja. Bedanya, Kuri memiliki roda yang memungkinkannya untuk mengikuti Anda di dalam rumah.

Dari segi desain, sepintas Kuri terlihat seperti Robot Eve dari film animasi Wall-E dari Pixar. Tidak heran, seorang animator Pixar kabarnya memang terlibat dalam proses merancang gerakan tubuh Kuri ini. Bagian kepalanya sederhana dan hanya dilengkapi oleh sepasang mata bundar yang bisa berkedip-kedip atau menunjukkan berbagai ekspresi. Kepalanya juga bisa menunduk, menengadah, atau mengangguk-angguk sendiri. Satu hal lain yang membuat Kuri berbeda dari robot lain adalah suaranya. Jika robot rumah lain cenderung memiliki suara mirip manusia, Kuri hanya mengeluarkan suara-suara yang robot banget. Suaranya mengingatkan saya pada robot R2D2 dari Star Wars.


[Foto: techcrunch.com]
Dari segi dalaman, Kuri dilengkapi dengan kamera beresolusi 1080p dan kemampuan untuk memainkan audio. Anda juga bisa meminta Kuri untuk menyetel musik atau membacakan cerita. Kuri juga memiliki sensor yang mencegahnya menabrak benda-benda atau terjatuh ketika sedang berjalan Selain melalui perintah suara, Anda juga bisa mengontrol Kuri melalui aplikasi Android dan iOS serta integrasi IFTTT.

“Meskipun penampilan luarnya terlihat sangat menggemaskan, namun Kuri sebenarnya memiliki teknologi terbaru di bidang smartphone, gaming, dan robotika,” ujar Kaijen Hsiao, CTO dan co-founder Mayfield Robotics dalam sebuah pernyataan. “Kami berharap Kuri bisa memperkenalkan kepada orang-orang—terutama anak-anak—pada kekuatan teknologi dan bisa menjadi inspirasi terhadap kemungkinan-kemungkinan baru di masa depan.”

Kuri dibanderol dengan harga $699 (setara Rp 9,4 juta) dan baru resmi didistribusikan pada akhir 2017 ini.