Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Ini Dia Metode Praktis dan Mudah untuk Mengamankan Teks dengan Password

Punya sebuah file teks penting yang ingin Anda amankan? Pada artikel ini, saya akan membahas beberapa metode yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan file teks dengan password pada Windows 10 dan versi lainnya. Salah satu metode termudah yang bisa Anda gunakan adalah memanfaatkan fitur keamanan pada file zip. Selain metode tersebut, Anda juga bisa menggunakan software LockNote untuk mengamankan file teks yang dimaksud. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

Menggunakan LockNote untuk mengunci teks dengan password

LockNote merupakan sebuah program gratisan yang memungkinkan Anda untuk mengunci file teks dengan mudah. Program ini akan membuat sebuah file terkunci yang berisi teks Anda dan dapat dibuka dengan kata sandi yang tepat. Singkatnya, LockNote ini berfungsi layaknya sebuah program editor teks yang dilengkapi dengan fitur keamanan seperti kata sandi.

 

Jika Anda telah menggunakan program editor teks lain untuk membuat file teks tersebut, maka Anda perlu menyalin teks yang ingin Anda amankan ke dalam program LockNote. Setelah menyalinnya pada LockNote, simpanlah file teks tersebut. LockNote kemudian akan menyimpan file teks tersebut dalam sebuah format khusus. Berikut ini cara untuk melakukannya.

 

Langkah 1: Unduh program LockNote pada halaman ini. Ekstrak file zip yang telah diunduh untuk mengakses folder LockNote. Buka folder tersebut untuk menemukan program LockNote.


Langkah 2: Jalankan program LockNote dengan cara mengklik dua kali pada program yang ada. Secara default, LockNote akan menampilkan sejumlah teks. Anda bisa menghapus semua teks tersebut, lalu memasukkan teks yang ingin Anda amankan.

Langkah 3: Setelah itu, klik menu File -> Save. Pilih lokasi penyimpanan catatan tersebut, beri nama, kemudian klik tombol Save. Masukkan kata sandi yang Anda inginkan, lalu masukkan kembali sebagai konfirmasi. Klik tombol OK jika sudah. Untuk membuka catatan tersebut, klik dua kali pada file yang sebelumnya sudah Anda buat. Masukkan kata sandi yang tepat untuk membuka catatan tersebut.

Menggunakan 7-Zip untuk mengunci teks dengan password

Dengan metode ini, Anda akan membuat sebuah file zip berisi file teks yang dikunci oleh kata sandi. Untuk mengakses file teks yang ada di dalam file zip tersebut, Anda harus memasukkan kata sandi yang telah dipasang sebelumnya. Dengan metode ini, Anda bisa mengamankan berbagai jenis file–bukan hanya file teks saja.

Langkah 1: Unduh dan install program 7-Zip pada PC Anda.

Langkah 2: Klik kanan pada file teks yang ingin Anda amankan, klik opsi 7-Zip, kemudian pilih opsi Add to archive. 

Langkah 3: Setelah bagian Archive pada program 7-Zip terbuka, beri nama pada file zip yang akan Anda buat. Kemudian pilih lokasi yang diinginkan untuk menyimpan file tersebut. Pilih zip sebagai format archive yang diinginkan. Pada bagian Encryption, pilih antara enkripsi ZipCrypto atau AES-256.

Selanjutnya, masukkan kata sandi yang Anda inginkan, lalu masukkan kembali. Klik tombol OK untuk membuat file zip tersebut. Selesai! File zip yang berisi teks tersebut pun berhasil dikunci. Untuk membukanya, Anda perlu memasukkan kata sandi yang tepat.

Selamat mencobanya!