Tips & Guide

Ini Langkah Mudah Bikin Feed Instagram Semakin Kece

[Gambar: time.com]
Tampaknya Instagram semakin hari banyak digandrungi berbagai kalangan dan umur. Hal ini disebabkan potensinya yang beragam, contohnya sebagai media berjualan online hingga jasa endorsement. Tak ayal, semakin banyak pengguna ingin memiliki feed yang artistik dan estetis layaknya Karin Novilda (@awkarin), selebgram dengan penghasilan puluhan juta per hari.

Sayangnya, banyak pengguna tidak mengerti bagaimana cara mengelola foto yang baik. Bahkan tidak jarang hanya sekedar mengunggah swafoto setiap hari dengan caption berupa kutipan bijak.

Bukan hanya masalah unggah foto saja, tapi Anda juga perlu untuk memikirkan desain tampilan feed Instagram yang baik, tone warna yang senada, dan konsistensi jadwal unggah setiap hari.

Yuk simak dulu tips beserta langkah-langkah untuk bikin tampilan Instagram Anda semakin kece!

Tetapkan Tema Instagram

Pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tema Instagram dan mencari referensi, misalnya dibidang kuliner terkenal dengan akun @anakjajan sementara travelling ada akun @lingkarindonesia. Tentu terkadang memiliki tema yang spesifik akan memberikan ruang gerak yang sedikit pula.

Baca Juga:  Ingin Jadi Selebgram Dadakan? Intip Dulu Mesin Penjual Likes dan Followers Instagram di Rusia Ini

[Gambar: instagram @awkarin, @anakjajan, dan @lingkarindonesia]
Bagi kamu yang lebih gemar membagikan aktivitas sehari-hari atau bersifat personal, bisa banget ikutin langkah di bawah ini!

Gunakan Warna Senada

Salah satu hal yang dapat dijadikan panutan dari para selebgram adalah bagaimana mereka memainkan warna senada setiap unggahan fotonya. Warna, komposisi serta angle foto menjadi penting agar membuat tampilan feed kamu lebih aesthetic.

Gak perlu susah-susah untuk mengedit foto, Anda cukup gunakan aplikasi gratis ini:


  1. VSCO Cam. Para instagramers sejati pasti tahu banget dengan aplikasi edit foto satu ini. Aplikasi ini kerap digunakan para selebgram juga karena penggunaannya yang mudah serta pilihan filter beragam. Anda bisa menambahkan efek dramasitir pada foto bahkan memberikan kesan vintage. Aplikasi ini tersedia gratis di Play Store dan App Store.
  2. Snappseed. Ini salah satu aplikasi yang wajib Anda punya untuk mengedit foto estetis ala-ala selebgram. Aplikasi ini terkenal dengan beragam tools edit, mulai dari filter hingga menggedit are tertentu di objek foto Anda.
  3. Pixlr. Sudah terkenal sejak lama dan masih tetap eksis saat ini, Pixlr dapat Anda gunakan untuk menyeimbangkan warna melalui fitur Auto Fix, dan meningkatkan pencahayaan foto dengan fitur Double Exposure.
  4. Layout. Aplikasi ini membantu kamu yang suka dengan model collage, yaitu menggabungkan beberapa foto dalam satu frame.
Baca Juga:  Facebook Messenger Hadirkan Fitur Group Video Chat

[Gambar: ferzsharing.blogspot.co.id]
Nah, itu dia beberapa aplikasi yang tersedia secara gratis yang mampu menyulap tampilan feed Anda semakin keren. Memang dibutuhkan kesabaran dalam mengedit foto tapi hasilnya sepadan loh!

Perhatikan Caption dan Hashtag!

Banyak yang tidak memerhatikan proses pembuatan caption dan pemilihan hashtag. Seringkali para newbie Instagramers ini hanya memuat ‘no caption needed’ ditambah #instaphoto.

Gak ada salahnya kamu mempersiapkan caption yang lucu dan sesuai dengan foto yang kamu unggah. Rajin-rajin mencari hashtag yang sesuai agar meningkatkan daya tarik serta dijangkau lebih mudah oleh pengguna lain.

Atur Jadwal Posting konten di Instagram

Instagram sama halnya dengan media sosial lain membutuhkan konsistensi dalam mengunggah konten sehingga bisa dijangkau oleh banyak pengguna lain. Jangan labil mengunggah foto apalagi jeda waktu yang panjang, bisa-bisa pengikut Anda akan meng-unfollow karena Anda yang tidak update.

Tentukan dalam seminggu apakah Anda ingin mengunggah foto sehari sekali atau tiga hari sekali, konsistensi menjadi penting untuk meningkatkan nilai engagement, impression, dan followers.

Baca Juga:  Media Sosial: Strategi Layanan Customer Service di Era Digital

Jangan takut! Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengatur jadwal posting foto Anda:

Hootsuite. Tersedia dalam bentuk website dan aplikasi, layanan ini telah digunakan sejak lama baik oleh amatir maupun profesional. Penggunaannya yang mudah menjadi andalan. Untuk mengatur jadwal unggah Anda membutuhkan perangkat ini di smatphone. Secara otomatis Hootsuite akan memberikan notifikasi kepada Anda untuk mengunggah foto di hari yang telah terjadwal.

Nah itu dia cara mudah bikin instagram kamu jadi kece dan estetis! Sudah siap jadi selebgram?