Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Inilah 11 Singkatan Umum Terkait Teknologi yang Perlu Anda Tahu

[Foto: Pixabay.com]
Pernah tidak sih Anda baca artikel tentang teknologi, lalu muncul istilah dan singkatan-singkatan ‘aneh’ yang tidak Anda mengerti? Pasti menggangu ya. Nah, supaya Anda tak mengalaminya lagi, ada baiknya mencari tahu, apa arti dari istilah dan singkatan tersebut sebetulnya. Hitung-hitung supaya makin melek teknologi!

WiFi

Mungkin Anda sudah sering mencari WiFi di kafe atau tempat umum lainnya, tapi tahu tidak kalau kepanjangan WiFi adalah Wireless Fidelity? Itu adalah media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang punya kemampuan untuk menyediakan akses Internet dengan bandwidth besar hingga mencapai 11 megabita per detik (Mbps). Kenapa proses penghantarannya bisa cepat? Karena media penghantarnya menggunakan sinyal radio yang bekerja pada frekuensi tertentu.

USB

Singkatan dari Universal Serial Bus, yakni teknologi yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan alat eksternal (peripheral) seperti scanner, printer, mouse, keyboard, hard drive eksternal, flash disk, ponsel, kamera digital atau perangkat lainnya ke komputer Anda. USB sangat mendukung transfer data sebesar 12 megabita per detik (Mbps).

Captcha

Untuk login ke beberapa situs web atau platform digital, seringkali Anda diminta untuk memasukkan ‘captcha’ agar sistem mengetahui kalau Anda betulan manusia, bukannya bot. Nah, ternyata captcha itu adalah sebuah singkatan dari Completely Automated Turing test t tell Computers and Humans Apart. Ribet juga ya kepanjangannya? Yah, paling tidak sekarang Anda tahu kan.

FAQ

Ini adalah singkatan dari Frequently Asked Questions, yakni kumpulan pertanyaan yang sering diajukan. Biasanya perusahaan, e-c0mmerce, kampus, atau organisasi lainnya sering melampirkan FAQ di situs web mereka, beserta jawabannya, supaya pengguna bisa langsung menemukan jawaban terkait pertanyaan umum.

4G LTE


Saat ini sering banget kan kita dengar istilah 4G LTE? Kalau 4G adalah singkatan dari fourth generation technology, yakni jaringan mobile broadband generasi keempat yang merupakan akses data berkecepatan lebih tinggi dari generasi ketiga (3G). Sedangkan LTE adalah singkatan Long Term Evolution, yakni standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi yang berbasis pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA, dan tidak cocok disandingkan dengan 2G atau 3G.

VPN

Ini adalah singkatan dari Virtual Private Network, atau akses internet pribadi yang berfungsi untuk memanipulasi koneksi Anda sehingga bisa menerima dan mengirim data seakan Anda berada di tempat lain. Dengan demikian, aktivitas Internet Anda lebih aman dan tak terlacak.

E-Commerce

Kalau sering belanja online, pasti tahu deh istilah e-commerce. Ini adalah singkatan dari electonic commerce, alias aktivitas jual beli (ekonomi) yang dilakukan secara elektronik melalui Internet. Walaupun sekarang lebih banyak diaplikasikan untuk mendeskripsikan toko-toko online, sebetulnya e-commerce merupakan istilah yang juga meliputi seluruh aktivitas pembelian, penjualan, dan transaksi lainnya untuk barang dan jasa.

HTTP

Ini adalah singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol, yakni bahasa pemrograman umum yang menghubungkan server Anda dengan perangkat lain yang juga ingin mengakses sumber daya pada server tersebut. Di Internet, ada milyaran data dalam berbagai bentuk, mulai dari gambar, video, hingga teks. HTTP adalah protokol yang memindahkan data-data tersebut dengan cepat, mudah dan stabil dari server ke perangkat Anda, seperti browser yang Anda gunakan misalnya. Protokol ini menjamin data yang dikirimkan dari satu perangkat ke perangkat lainnya tidak akan rusak atau terpotong-potong. HTTP digunakan untuk mentransfer dokumen HTML yang digunakan di World Wide Web (www).

HTML

Singkatan dari Hyper Text Markup Language adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman web dan menampilkan informasi melalui  browser yang Anda gunakan. Situs web yang dibuat dengan HTML akan bisa dilihat oleh semua orang yang terkoneksi dengan Internet, dengan menggunakan aplikasi browser.

WWW

Singkatan dari World Wide Web atau ruang informasi yang merupakan bagian dari Internet, yang bisa diakses menggunakan browser. WWW terdiri dari jutaan situs web, dimana setiap situs web memiliki banyak laman web (webpages). Informasi yang ada dalam WWW diidentifikasi oleh Uniform Resource Identifier (URI) sehingga situs web bisa dibuka oleh pengguna.

DNS

Singkatan dari Domanin Name Service, adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi nama host atau domain dari sebuah situs web dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan Internet. Analoginya, DNS bisa dianggap sebagai nama pada buku telepon yang berisi nama-nama orang uang bisa Anda hubungi, dan bisa dicari berdasarkan nama untuk menghubunginya.