Home  »  News   »  
News

Inilah Beberapa Layanan Baru yang Diluncurkan Startup  Terkemuka Indonesia Pekan Ini

[Foto: Shutterstock]
Walaupun startup-startup baru terus bermunculan di Indonesia, startup yang sudah lebih matang terbukti tak tergoyahkan. Berikut adalah beberapa update menarik dari para startup di Indonesia seperti Tokopedia, Blibli, Grab, dan Investree.

Grab merilis program untuk mencegah fake order

Raksasa aplikasi ride-hailing Asia Tenggara, Grab, pada hari Rabu meluncurkan program Grab Lawan Opik! sebuah inisiatif untuk melawan fake order (order palsu) dan melindungi pengemudi. Peluncuran program tersebut diikuti dengan sejumlah kriminal yang telah berusaha mengakses aplikasi driver Grab Grab dan menjalankan operasi pesanan palsu dengan menggunakan GPS palsu.

Caranya dikenal secara lokal sebagai “tuyul.” Program ini menggunakan algoritma pembelajaran mesin yang dikembangkan oleh pusat R&D Grab. Begitu pelaku diidentifikasi, perusahaan tersebut akan berkolaborasi dengan polisi untuk memecahkan kasus dan menangkap mereka. Hal ini juga mendorong pengemudi untuk melaporkan tindakan penipuan.

Blibli meluncurkan channel penyewaan apartemen

Platform e-commerce yang didukung Djarum, Blibli, mengumumkan peluncuran saluran sewa apartemennya, tersedia di bagian Home & Living di situs desktop dan aplikasi selulernya.

Pengguna dapat mencari apartemen di platform Blibli, menghubungi agen properti untuk janji temu, dan melakukan transaksi dengan menggunakan aplikasi Blibli InStore, aplikasi mobile yang diluncurkan Blibli untuk memfasilitasi transaksi offline (cash-on-delivery). Fitur baru ini diluncurkan dalam kemitraan dengan agensi properti Jendela360.


Setelah soft launching tiga bulan lalu, layanan ini mendapat umpan balik yang bagus. Tipe studio dengan 1 kamar tidur menjadi apartemen paling banyak disewa. Ada beberapa pilihan untuk tipe studio dengan 1 kamar tidur, 2 kamar tidur atau 3 kamar tidur dengan nilai Rp19 juta sampai Rp500 juta.

Untuk pengembangan lebih lanjut, Blibli mengklaim saat ini tengah berupaya untuk menambah lebih banyak apartemen dan lebih banyak mitra.

Investree meluncurkan program pinjaman P2P berbasis syariah

Platform pinjaman Peer-to-peer (P2P) Investree pada hari Selasa secara resmi meluncurkan program pinjaman P2P berbasis syariah.

Program ini telah diuji sejak November 2017. Pembukaan tersebut mengumumkan bahwa pada bulan Januari telah berhasil menyalurkan pinjaman senilai Rp2,7 miliar ($ 200.000) dari 1.340 kreditur kepada 313 peminjam.

Investree CEO dan Co-Founder Adrian Gunadi juga menyatakan bahwa perusahaan tersebut bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Dewan Syariah Nasional untuk mengembangkan fatwa layanan fintech berbasis syariah.

Tokopedia perkenalkan program loyalitas pengguna TokoPoints

Platform e-commerce Indonesia Tokopedia minggu lalu meluncurkan TokoPoints, sebuah program loyalitas pengguna yang memungkinkan pengguna mendapatkan poin untuk setiap transaksi yang mereka lakukan di platform. Poinnya bisa ditukar dengan berbagai hadiah dari ongkos kirim gratis hingga cashback.

Startup saat ini sedang mengerjakan pengembangan lebih banyak penghargaan bagi pengguna TokoPoints.

Tokopedia berharap, pengumpulan loyalty TokoPoints juga dapat meningkatkan aktivitas akun mereka di Tokopedia.

“Kami  mengapresiasi dukungan masyarakat terhadap Tokopedia selama lebih dari delapan tahun ini. Kesetiaan Toppers adalah motivasi Tokopedia untuk terus berinovasi dalam memberikan pengalaman berbelanja daring terbaik untuk masyarakat Indonesia,” kata Co-Head Marketplace Tokopedia Aldo Tjahjadi.

Selain memanjakan pengguna dengan poin yang dapat ditukarkan dengan berbagai reward, TokoPoints juga memberikan status membership loyalty yang memungkinkan pengguna Tokopedia (disebut Toppers) untuk meraih keuntungan berbeda di tiap tingkatnya. Status ini ditentukan dari jumlah loyalty yang dikumpulkan. Ada empat tingkatan membership loyalty bagi para Toppers, yakni Classic, Silver, Gold dan Platinum.