Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Inilah Bisnis Fashion yang Pas untuk Mahasiswa

Memang tidak mudah merintis bisnis fashion bagi mereka yang masih mengenyam pendidikan di Universitas. Tetapi, saat ini ada banyak peluang bisnis yang dapat dicoba mahasiswa, baik bisnis yang membutuhkan modal besar maupun modal seadanya. Salah satu bisnis yang sesuai dengan mahasiswa adalah bisnis fashion
 
Peluang bisnis fashion khususnya bagi kalangan anak muda saat ini cukup melesat dan terbuka lebar. Keuntungan untuk memulai bisnis sejak dini juga mendorong Anda untuk mandiri dan mendapatkan uang tambahan. Jika bisnis tersebut sukses, Anda tidak perlu memberatkan beban orangtua bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis tersebut justru dapat membayar biaya kuliah. 
 
Sebagai generasi muda yang selalu mengikuti tren terkini, mahasiswa merupakan sosok yang pas untuk turut bergerak di bisnis fashion. Ide-ide kreatif yang segar dapat menciptakan terobosan yang membuat bisnis mahasiswa ini berbeda dari bisnis lain. Apalagi bisnis fashion dari zaman dulu sampai saat ini tidak pernah mengalami masa surut sehingga bisa dipertahankan sampai lulus kuliah. Berikut ini beberapa tren bisnis fashion yang cocok dikerjakan oleh mahasiswa.
 
 

1. Bisnis Fashion Online

Sebagai mahasiswa, tentu belum ada modal besar untuk memulai bisnis. Oleh karena itu, pilihan melakukan bisnis fashion online adalah hal yang tepat. Dengan memasarkan barang fashion secara online, maka biaya produksi, pengiriman, dan produksi bisa ditekan. 
 
Apalagi, kalangan mahasiswa bisa dibilang adalah kalangan yang sudah maju secara teknologi sehingga Anda bisa memaksimalkan berbagai cara online, seperti media sosial, untuk mempromosikan dan memasarkan produk. 
 

2. Bisnis Fashion Kaos Distro


Bisnis fashion yang menjual kaos distro sangat erat hubungannya dengan mahasiswa. Produk-produk yang ditawarkan memang disukai anak muda, sehingga tepat jika menjadi salah satu ide bisnis fashion bagi Anda yang masih kuliah. 
 
Sebut saja di antaranya brand Peter Says Denim, Dagadu, Ouval Research, dan sebagainya. Brand-brand ini menampilkan produk kaos distro yang sangat dikenal dan masih banyak digemari anak muda, khususnya mahasiswa.
 

3. Bisnis Fashion Baju Impor

Anda pasti sudah tahu jika baju-baju impor, baik dari Tiongkok atau Bangkok memiliki basis penggemar tersendiri. Baju-baju impor ini juga sangat populer di kalangan mahasiswa karena harganya yang tergolong murah, sehingga pangsa pasarnya cocok untuk Anda. Untuk memulai bisnis baju impor ini pun bisa sangat mudah. Saat ini sudah banyak supplier yang mencari reseller untuk menjual baju-baju tersebut. 
 

4. Bisnis Fashion Baju Vintage

Saat ini baju-baju bekas dengan model jadul kembali menjadi tren fashion. Bisnis ini juga bisa dibilang membutuhkan modal yang hanya sedikit, sehingga pas untuk ukuran mahasiswa. Kunci menjual baju-baju vintage adalah Anda harus mau membongkar-bongkar baju-baju lama peninggalan ibu atau nenek. Jika kondisinya masih bagus, tak jarang baju vintage tersebut bisa bernilai tinggi. 
 
Alternatif lainnya, Anda bisa mengunjungi beberapa pasar besar di Tanah Air, seperti Pasar Senen di Jakarta atau Pasar Gedebage di Bandung, yang menyimpan banyak harta karun berupa baju-baju vintage. Pastikan sebelum menjualnya, Anda sudah membersihkan baju tersebut sehingga pelanggan bisa mendapatkan produk yang berkualitas.
 
Meski memutuskan terjun di dunia usaha ketika masih duduk di bangku perkuliahan, sebaiknya jangan pernah melupakan tugas utama Anda sebagai mahasiswa yaitu untuk menuntut ilmu di jenjang perguruan tinggi. Ilmu yang Anda dapat tersebut juga bisa digunakan untuk membuat bisnis semakin sukses.