Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Instagram Hadirkan Fitur Baru untuk Mengelola Postingan yang Telah Anda Simpan

[Gambar: blog.instagram.com]
Pada bulan Desember lalu, Instagram telah memperkenalkan sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan postingan Instagram ke dalam sebuah folder pribadi. Fitur ini langsung menjadi populer di kalangan pengguna karena aktivitas ini sebenarnya sudah lazim dilakukan oleh para pengguna Instagram pada umumnya. Hanya saja, biasanya mereka memanfaatkan fitur likes atau screenshoot pada ponselnya untuk bisa menyimpan postingan Instagrammers lain yang menarik.

Menurut keterangan dari Instagram, tercatat 46 persen penggunanya telah menggunakan fitur ini sejak pertama kali fitur ini diperkenalkan ke publik sejak empat bulan yang lalu. Karena melihat respon positif dari para pengguna  Instagram terhadap fitur ini, Instagram pun akhirnya memutuskan untuk meng-upgrade fitur ini. Kini, pengguna tidak hanya bisa menyimpan postingan tersebut tapi juga mengelola postingan yang telah disimpan ke dalam kategori-kategori koleksi tertentu. Anda bisa membuat sebuah koleksi baru kemudian memberi nama sendiri atau Anda juga bisa menyimpan postingan tersebut ke dalam koleksi yang telah Anda buat sebelumnya. Misalnya, jika Anda ingin mengelompokkan semua foto maupun video kucing yang telah Anda simpan ke dalam satu folder koleksi yang sama, Anda bisa melakukannya dan memberikan judul “Kucing” pada folder koleksi tersebut. Tentunya, hal ini akan mempermudah Anda untuk mencari dan melihat kembali foto atau video yang telah disimpan.

Jika diperhatikan, fitur ini serupa dengan Pinterest yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan foto atau video yang menarik ke dalam sebuah board. Bedanya, Pinterest memberikan pilihan kepada penggunanya untuk membagikan board tersebut kepada publik, tidak seperti Instagram yang secara khusus membuat fitur ini sebagai sebuah koleksi privat yang hanya bisa dilihat oleh pengguna yang menyimpannya. Penasaran dengan fitur ini dan pembaharuannya? Mari kita langsung lihat saja cara menggunakannya.


 

Cara membuat koleksi yang berisi postingan Instagram

Fitur koleksi ini dapat membantu Anda mengelola postingan Instagram yang sebelumnya telah Anda simpan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat sebuah koleksi baru.

  • Jalankan aplikasi Instagram pada perangkat iOS atau Android Anda, kemudian Log in ke dalam akun Anda.
  • Masuklah ke dalam profil Instagram Anda, kemudian ketuk ikon bookmark () untuk melihat postingan yang telah Anda simpan.
  • Ketuk ikon plus () di pojok kanan atas layar.
  • Ketikkan nama koleksi yang Anda inginkan, kemudian pilih Next.
  • Pilih postingan yang telah disimpan sebelumnya yang ingin Anda masukkan ke dalam folder koleksi tersebut. Jika sudah selesai, ketuk tombol Done.

Anda juga bisa langsung memasukkan atau membuat koleksi baru ketika sedang menyimpan sebuah postingan Instagram. Berikut ini caranya.

  • Pilih sebuah postingan yang ingin Anda simpan dan dimasukkan ke dalam koleksi. Tekan dan tahan ikon bookmark ().
  • Ketuk ikon plus ().
  • Ketikkan nama koleksi yang Anda inginkan, kemudian ketuk tombol Done jika sudah.

Seperti biasa, untuk melihat semua koleksi postingan yang telah Anda simpan, cukup buka halaman profil Instagram Anda dan buka tab bookmarks () di bagian kanan layar.

Pembaharuan ini telah tersedia bagi perangkat Android dan iOS di Google Play Store dan App Store sebagai bagian dari Instagram versi 10.16.