Home  »  News   »  
News

Instagram Hadirkan Fitur Unggah Foto Kolase di Insta Stories

[Foto: engadget.com]
Instagram semakin melebarkan sayapnya dengan menghadirkan sejumlah fitur terbaru. Setelah sukses bereksperimen dengan fitur serupa Snapchat, kini Instagram memperkenalkan fitur yang bisa membuat penggunanya mengunggah foto kolase di Instagram Stories.

Fitur tersebut bernama Collections. Pengguna Instagram, baik yang menggunakan OS Android ataupun iOS, bisa menjajalnya dengan cara memperbarui aplikasi Instagram terlebih dahulu.

Dilansir dari Engadget, fitur ini memungkinkan pengguna menambahkan unggahan secara langsung ke koleksi baru dan mengelolanya dengan unggahan lain yang telah dihimpun. Fitur ini terfokus pada pengumpulan gambar ide yang diinginkan dan hanya dapat dilihat oleh pengguna. Perilisan fitur ini menjadi kelanjutan dari fitur yang sebelumnya diperkenalkan pada akhir tahun lalu, yaitu penyimpanan foto.

Geliat Instagram dalam menghadirkan fitur serupa media sosial lain pada layanannya, dinilai cukup berhasil untuk mengalihkan perhatian pengguna jejaring sosial lain. Salah satu keberhasilannya adalah peningkatan jumlah pengguna Instagram yang sudah melebihi pengguna Snapchat.

Instagram mengumumkan, sebanyak lebih dari 200 juta orang menggunakan Instagram Stories setiap harinya, meningkat dari bulan Januari, sebanyak 150 juta orang.

Selain itu, Instagram juga baru-baru ini memperkenalkan fitur baru pada Direct Message, yang menggabungkan seluruh pesan teks permanen dengan foto dan video yang akan menghilang dalam kurun waktu tertentu ke dalam satu halaman.


Cara Membuat Kolase di Instagram Stories

Diperlukan trik tertentu untuk membuat kolase dalam Instagram Stories. Pasalnya, Instagram sendiri tidak menyematkan fitur kolase di dalam aplikasinya. Berikut adalah trik berkreasi menggunakan kolase foto di Instagram Stories, sebagaimana dihimpun dari Kompas.

1. Memasang aplikasi kolase terlebih dahulu

Anda harus mengunduh aplikasi kolase terlebih dulu agar bisa membuat kolase foto. Biasanya, aplikasi ini dibuat khusus untuk tujuan kolase atau ada juga yang disematkan dalam aplikasi pengedit foto. Ada banyak aplikasi kolase foto di Google Play Store atau App Store, misalnya Pic Collage, Layout, dan masih banyak lagi. Anda tinggal memilih salah satunya.

Setelah memasang aplikasi kolase foto, tentukan foto-foto yang akan digunakan di kolase dan pilihlah bingkai yang akan digunakan. Setelah melakukan semua langkah tersebut, biasanya Anda akan diberi pilihan untuk membagikan kolase itu ke berbagai media sosial atau menyimpannya ke memori penyimpanan.

2. Unggah ke Instagram Stories

Instagram Stories mensyaratkan pengguna untuk mengunggah foto atau video yang dibuat dalam duarasi 24 jam sebelumnya. Artinya, Anda mesti menyimpan foto kolase baru untuk bisa langsung diunggah dalam rentang waktu 24 jam ke depan.

Jika melebihi durasi waktu tersebut, maka foto atau video tidak akan muncul di menu unggah Instagram Stories. Artinya, Anda harus membuat ulang atau mengakalinya dengan cara memproses, mengedit, lalu menyimpannya menggunakan aplikasi editing.

Untuk kolase yang dibuat menggunakan Pic Collage, pengguna cukup masuk ke Instagram, lalu membuka Stories. Usaplah layar ke bagian bawah hingga muncul pilihan konten dan pilih foto yang diinginkan untuk diunggah.

Untuk format kolase dari Pic Collage, berbentuk persegi panjang, mengikuti layar smartphone. Dengan demikian, tidak akan ada perubahan aspek ratio saat kolase diunggah. Semua akan tampil apa adanya, lengkap dengan watermark kolase.

Sedangkan format kolase dari Layout berbeda dari hasil Pic Collage. Layout menggunakan format 1:1 atau berbentuk kubus. Saat diunggah ke Instagram Stories, yang berbentuk persegi panjang, foto dari Layout akan terlihat zoom in dan hingga muat dalam kolom berbentuk persegi panjang.

Selain Pic Collage dan Layout, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pengedit foto atau kolase lainnya sesuai dengan keinginan Anda. Selamat mencoba!