News

Instagram Hapus Fitur Photo Maps dari Layanannya

[Ilustrasi: tomwoolley.com]
Apakah Anda merupakan pengguna fitur Photo Maps pada Instagram? Kalau saya pribadi jarang sekali menggunakan fitur tersebut—bahkan nyaris tidak pernah. Berdasarkan laporan dari Mashable, setelah Instagram memberikan fitur zoom in/out pada layanannya, hari ini (7 September 2016) Instagram mengkonfirmasi bahwa mereka telah memutuskan untuk menghapus fitur Photo Maps ini dari layanannya. Mungkin terdengar sepele, namun ini adalah sebuah langkah besar mengingat pada awalnya Instagram itu memang ditargetkan untuk menjadi aplikasi berbagi lokasi—seperti Foursquare.

“Fitur Photo Map tidak begitu banyak digunakan, oleh karena itu kami memutuskan untuk menghapus fitur tersebut dan fokus pada prioritas yang lain.” ~Pernyataan Instagram pada Mashable.

Bagi Anda yang masih bingung dan bertanya-tanya apa sebenarnya fitur Photo Maps ini, saya akan sedikit mengingatkan kembali mengenai fitur yang … terlupakan ini. Fitur Photo Maps yang dilambangkan dengan ikon lokasi ini bisa ditemukan di profil pengguna Instagram manapun. Ketika dibuka, Anda bisa melihat peta yang di dalamnya berisi lokasi foto-foto yang telah diupload pengguna tersebut.

Beginilah tampilan profil Instagram Anda ketika fitur Photo Maps masih ada:

Sekarang, beginilah tampilan profil Instagram ketika fitur ini dihilangkan:

Tapi perlu diingat bahwa Instagram tidak menghapus semua fitur berbasis lokasi pada aplikasi tersebut. Anda masih bisa men-tag lokasi ketika memposting foto dan melihat foto-foto yang diupload pada tempat tertentu.

Banyak pihak yang berspekulasi bahwa fitur ini dihilangkan karena sering terjadi insiden bocornya informasi lokasi pengguna Instagram—yang notabene merupakan seorang public figure—karena postingan fotonya di Instagram. Mulai dari Justin Bieber sampai Michele Obama, lokasi di mana mereka mengupload fotonya dapat diketahui oleh publik. Selain mengganggu privasi, tentunya hal ini akan berbahaya jika orang yang berniat buruk bisa dengan mudah melacak lokasi mereka hanya melalui Instagram.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID