News

Instagram Luncurkan Fitur Pencegahan Bunuh Diri

[Gambar: Instagram.com]
[Gambar: Instagram.com]
Media sosial merupakan sebuah platform yang tepat untuk bersosialisasi dan berkreasi. Tidak jarang juga media sosial digunakan sebagai wadah untuk meluapkan emosi atau mengekspresikan curahan hati seseorang. Baru-baru ini, Instagram meluncurkan sebuah fitur yang diharapkan dapat membantu penggunanya yang tengah menghadapi kesulitan. Fitur yang dimaksud merupakan sebuah layanan pencegahan bunuh diri pada platformnya.

Cara kerjanya adalah seperti ini: jika Anda melihat ada teman Instagram Anda yang memposting hal-hal yang berhubungan dengan bunuh diri atau memiliki kecenderungan untuk bunuh diri, Anda dapat melaporkan postingan tersebut secara anonim. Pengguna yang dilaporkan tersebut lalu akan mendapatkan pesan tanpa nama seperti ini: “Seseorang melihat salah satu postingan Anda dan berpikir bahwa Anda tengah melalui waktu yang sulit. Jika Anda membutuhkan dukungan, kami siap membantu Anda.” Setelah itu, akan terdapat opsi yang dapat pilih oleh pengguna tersebut. Di antaranya adalah opsi untuk menelepon operator (tergantung pada lokasi pengguna), berbicara dengan teman, atau meminta tips dan dukungan.

“Kami mendengarkan saran para ahli kesehatan jiwa yang mengatakan bahwa komunikasi dengan orang-orang yang dicintai akan berdampak signifikan bagi mereka yang mungkin berada dalam kesulitan. Di satu sisi, kita tahu bahwa teman-teman dan keluarga seringkali ingin memberikan dukungan, tetapi mereka tidak tahu cara yang terbaik untuk melakukannya,” ujar CEO Instagram, Marne Levine. “Program ini dirancang untuk mengingatkan Anda bahwa Anda dikelilingi oleh sebuah komunitas yang peduli pada Anda, ketika Anda sedang membutuhkan dukungan.”

Menurut saya pribadi, dengan peluncuran program ini, Instagram telah membuat sebuah langkah besar dan nyata yang berpotensi untuk membuat media sosial sebagai wadah yang positif untuk membangun masyarakat yang sejahtera.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID