News

Instagram Manjakan Pengguna Fitur Stories Dengan Tiga Pembaharuan Ini

[Foto: techcrunch.com]
Instagram baru saja merilis pembaharuan untuk aplikasi mobile-nya. Kebanyakan fitur-fitur anyar pada pembaharuan ini berhubungan dengan layanan Instagram Stories-nya. Mulai dari opsi untuk menyembunyikan postingan Stories yang tidak ingin Anda lihat, menyimpan foto dan video Stories yang Anda post secara otomatis, hingga mengganti warna pada teks yang Anda tambahkan pada foto maupun video Anda. Pembaharuan ini juga dilengkapi dengan opsi penyaringan komentar, yang memungkinkan penggunanya untuk memilih dan menyaring komentar apa saja yang dapat muncul di Instagram mereka.

Instagram Stories merupakan sebuah layanan serupa Snapchat yang ditambahkan pada aplikasi Instagram pada bulan lalu. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video yang dapat dihias dengan teks maupun coretan tangan. Postingan Stories ini tidak akan muncul di feed utama, melainkan pada sebuah kolom khusus berisi ikon akun-akun Instagram yang terletak di bagian atas feed Instagram Anda.

[Gambar: Opsi ‘Mute’ pada Stories (kiri) dan opsi untuk menyimpan foto dan video secara otomatis (kanan) | dok. pribadi]
Meskipun mirip dengan Snapchat, layanan ini disambut dengan hangat oleh penggunanya, yang semakin hari semakin giat posting Stories pada Instagramnya. Anda pun dapat melihat postingan Stories dari akun-akun yang telah diikuti. Namun, ada kalanya Anda tidak ingin melihat Stories dari seorang pengguna. Di sinilah Anda bisa memanfaatkan opsi Mute. Jika Anda ingin menyembunyikan postingan Stories seseorang, cukup sentuh dan tahan ikon akun yang dimaksud, lalu pilih opsi “Mute”. Dengan begini, postingan Stories akun yang telah di-mute tidak akan muncul secara otomatis.

[Gambar: Cara mengubah warna teks pada postingan Stories | dok. pribadi]
Perubahan lainnya adalah adanya opsi untuk mengganti warna teks yang Anda tambahkan pada foto atau video. Cara menggantinya serupa dengan cara Anda mengganti warna brush pada Instagram Stories. Terakhir, kini Anda bisa secara otomatis menyimpan video dan foto yang diposting pada Stories ke Galeri Ada. Caranya, cukup tekan ikon Pengaturan pada Instagram Stories Anda, lalu pilih opsi “Always Save Photos and Videos.”

Pembaharuan ini sudah tersedia bagi perangkat Android dan iOS.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID