News

Instagram Mulai Memberlakukan Fitur Zoom

[Ilustrasi: DigitalTrends.com]
Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling hits yang digunakan oleh masyarakat Indonesia, terutama anak muda. Tak sedikit pula figur publik yang menggunakan Instagram dan kerap mengunggah foto keseharian mereka di media ini. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar untuk memperoleh banyak informasi terkait dengan sang idola.

Dilansir dari Tribunnews, Instagram akhirnya mengadakan fitur zoom untuk memperbesar foto, fitur yang telah lama didambakan oleh para pengguna medsos ini. Melalui akun Twitter resminya, pihak Instagram mengumumkan tentang fitur zoom ini.

TheNextWeb menjelaskan terkait dengan tata cara memperbesar foto di Instagram yang sangat sederhana. Caranya adalah tak lain dengan memperbesar gambar di galeri pada ponsel yaitu dengan cara pinch to zoom. Pengguna tinggal mencubitkan dua jari pada layar untuk memperbesar  foto. Cubitan ke luar untuk memperbesar, dan cubitan ke dalam untuk memperkecil. Namun, pengguna harus menahan cubitan pada layar agar gambar tidak kembali ke ukuran semula.

Bukan hanya foto di linimasa pengguna, ternyata fitur memperbesar foto ini pun dapat digunakan untuk memperbesar video, profil, dan konten pada kolom Explore. Sehingga pengguna dapat dengan mudah dan lebih detail menikmati foto yang dipamerkan oleh pengguna lain dalam medsos tersebut.

Tribunnews menyatakan bahwa ternyata fitur ini diciptakan karena banyaknya fotografer profesional yang juga menggunakan medsos Instagram sebagai salah satu media untuk promosi karya fotografi mereka. oleh karena itu, pihak Instagram memutuskan untuk menambahkan fitur terbaru ini pada aplikasinya. Dengan demikian, para penyuka fotografi dan peminat karya fotografer-fotografer profesional di Instagram akan dengan lebih mudah dan asyik menikmati foto-foto yang ditampilkan.

Namun sayang sekali, dalam pengumuman yang tertulis pada akun resmi, pihak Instagram menyatakan bahwa sementara ini fitur zoom hanya tersedia untuk pengguna iOs. Sedangkan, pengguna Android masih belum bisa mengaksesnya. Theverge menegaskan bahwa untuk sementara waktu pengguna Android diharapkan untuk menunggu dalam beberapa minggu. Sedangkan pihak Instagram masih sama sekali belum mengumumkan untuk menambahkan fitur memperbesar foto ini pada operational system Windows.

Fitur zoom ini memang telah lama diidam-idamkan oleh banyak pengguna dan banyak pula request yang datang ke pihak Instagram untuk segera memberlakukan fitur zoom. Bahkan, di awal muncul dan maraknya Instagram, pengguna baru medsos ini banyak yang hampir tak menyadari bahwa foto di Instagram memang tak bisa diperbesar. Sehingga tak heran, di berbagai forum tanya jawab online seperti Yahoo, terdapat banyak sekali pertanyaan terkait bagaimana cara memperbesar foto di Instagram. Pada akhirnya bulan ini, pihak instagram mengabulkan permintaan para pengguna yang telah lama menantikan fitur zoom.

“Selama enam bulan terakhir, telah terlihat banyak perubahan menarik di Instagram, dari ikon baru untuk video dan bahkan cara baru untuk berbagi momen sehari-hari dengan Stories,” ungkap pihak Instagram dilansir¬†dari Telegraph.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID