News

Instagram Stories: Tiga Fitur Barunya dan Fitur “Live Video” yang Akan Datang

[Foto: newyorker.com]
Sebelumnya, Instagram dikabarkan tengah mengembangkan sebuah fitur Live Video untuk platformnya. Rupanya, kabar ini bukan hanya sekedar kabar burung belaka: Instagram memang akan segera mengikuti jejak induk perusahaannya, Facebook, yang sudah menambahkan fitur Live Video pada layanannya. Instagram juga telah mengkonfirmasi bahwa mereka memang sedang mempersiapkan fitur tersebut.

Dalam wawancaranya dengan Financial Times, CEO Instagram Kevin Systrom menyatakan bahwa kehadiran fitur Live Video ini dapat meningkatkan performa Instagram dan membantu penggunanya untuk dapat mempererat hubungan dengan teman maupun keluarga. Ia tidak menginformasikan lebih lanjut mengenai rincian fitur ini maupun kapan fitur ini akan diluncurkan.

Namun, berdasarkan bocoran yang sudah didapat pada bulan Oktober lalu, kita tahu bahwa fitur Live Video ini akan diintegrasikan dengan fitur Instagram Stories. Pengguna Instagram yang sedang menggunakan fitur baru ini bisa dilihat dari label “Live” berwarna merah yang terdapat pada ikon pengguna tersebut. Lalu, apakah Instagram akan menambahkan opsi topeng (mask) augmented reality seperti pada fitur Live Video milik Facebook? Belum ada yang tahu. Tapi saya berharap mereka akan menambahkan fitur tersebut.

Baru-baru ini, Instagram juga telah memperbaharui Instagram Storiesnya dengan tiga fitur baru. Yang pertama adalah integrasi dengan aplikasi Boomerang. Aplikasi yang dikembangkan oleh Instagram ini memungkinkan penggunanya untuk membuat video pendek yang tersusun atas potongan frame gambar yang diulang-ulang secara cepat. Hasil akhirnya kurang lebih seperti GIF dan tidak bersuara. Pembaharuan yang kedua adalah kemampuan untuk tagging akun Instagram pada postingan Stories. Caranya sangat mudah, Anda cukup menambahkan teks bertuliskan nama akun Instagram Anda (contoh: @instagram) pada foto atau video yang Anda posting, lalu Anda pun cukup men-tap teks nama akun untuk melihat profil akun tersebut. Yang terakhir, kemampuan untuk menambahkan tautan (link) yang bisa dibuka pada Instagram Stories. Sayangnya, pembaharuan yang satu ini baru tersedia pada beberapa akun resmi.


Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID