News

Instagram Tambahkan Fitur Instant Translation Pada Layanannya

[Gambar: Instagram.com]
Instagram dikabarkan akan segera menambahkan fitur penerjemah yang secara otomatis akan menerjemahkan teks apa pun di sebuah postingan ke dalam bahasa yang sebelumnya dipilih di pengaturan. Jika fitur ini sudah tersedia, maka pengguna akan dapat melihat pilihan “see translation” atau “lihat terjemahan” yang akan muncul di bawah teks komentar, caption ataupun informasi biografi pengguna.

Munculnya fitur ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya pengguna aktif Instagram yang telah menembus angka 500 juta user.

“Komunitas Instagram telah berkembang dengan begitu pesat dan menyebar ke seluruh penjuru dunia, bahkan lebih dari yang kami bayangkan … tidak lama lagi kalian dapat memahami kisah-kisah di balik setiap momen, terlepas dari bahasa apapun yang kalian gunakan,”

~tulis Instagram pada akun resmi mereka.

Versi terbaru Instagram yaitu 3.4.0 telah mendukung 24 bahasa di luar bahasa Inggris, termasuk bahasa Indonesia. “Jika terjemahan tidak muncul di layar, kemungkinan besar hal itu disebabkan karena kami belum bisa mendeteksi bahasa tersebut atau fitur kami memang belum didukung oleh bahasa tersebut,” kata Instagram.

Penambahan fitur terjemahan ini juga merupakan usaha Instagram untuk mengejar perkembangan sosial media lainnya seperti Twitter dan Facebook yang sudah memiliki fitur penerjemah instan. Instagram mengatakan bahwa fitur ini akan diluncurkan di bulan Juli. Sayangnya, fitur ini tidak berlaku pada postingan-postingan lama Anda di Instagram.

Memang, jejaring sosial merupakan cara yang ampuh untuk menghubungkan orang-orang dari berbagai belahan dunia mana pun. Namun, seringkali keterbatasan bahasa menjadi hambatan untuk menjalin sebuah interaksi sosial yang baik. Maka dari itu, fitur penerjemah otomatis ini sangat bermanfaat bagi para pengguna Instagram untuk lebih terhubung dengan satu sama lain secara global.

Saya sendiri sudah menikmati fitur terjemahan yang diberikan Instagram pada layanannya. Hasil terjemahannya sendiri serupa dengan hasil terjemahan Google Translate. Meskipun sistem terjemahan Instagram ini bisa memproses dengan baik kalimat-kalimat sederhana atau idiom yang umum digunakan, namun kadangkala hasil terjemahan yang diberikan masih cenderung kaku. Apalagi jika bahasa yang diterjemahkan adalah bahasa gaul. Kadang kata-kata tersebut malah tidak diterjemahkan sama sekali atau malah diterjemahkan secara harfiah. Tapi setidaknya, fitur ini sudah cukup membantu Anda untuk menerka-nerka apa yang tertulis pada caption atau bio seseorang di Instagram. Not bad!

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID